Banyak Bangunan di Baubau Tak Punya IMB – Fajar Sultra
News

Banyak Bangunan di Baubau Tak Punya IMB

BAUBAU, BKK– Masih banyak bangunan di Kota Baubau yang disinyalir berdiri tanpa ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal itu diakui langsung oleh Walikota Baubau, Dr H AS Tamrin MH ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (18/1). Walikota juga telah memanggil dinas terkait untuk secepatnya melakukan penertiban IMB.

“Didata dulu semua. Yang belum ada IMB, apa perlu kita pemutihan atau diapakan, nanti kita bahas,” katanya.

Dia juga meminta para lurah untuk mengawasi rumah dan bangunan yang baru dibangun, agar ada keteraturan dan tidak berdampak. Diakuinya, masih banyak masyarakat Baubau yang tidak patuh terhadap IMB. Padahal aturan mendirikan bangunan untuk kepentingan masyarakat sendiri.

Selain itu, dia juga telah memerintahkan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk secepatnya mendata bangunan-bangunan yang tidak ber-IMB. Untuk mengurus izin apapun, Pemkot Baubau menerapkan pelayanan prima, murah, mudah, transparan dan taat asaz.

“Mana yang gratis, mana yang bayar, semua harus jelas,” tuturnya.

Setelah semua data terkumpul, Pemkot Baubau akan segera mengambil langkah untuk penertiban. Tidak hanya bangunan tanpa IMB yang akan didata, termasuk izin baliho, dan izin tempat usaha lainnya juga akan ditertibkan. Semua itu kata dia untuk menuju clean goverment atau pemerintahan yang bersih.

Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Abdul Karim mengatakan, untuk penertiban nanti akan dilakukan sesuai dengan tahapan. Misalnya, pertama akan diperingatkan. Setelah berulang kali tidak diindahkan, Pemkot Baubau akan bersikap tegas. Malah kata dia, bisa sampai ke ranah hukum.

Abdul Karim belum dapat menjelaskan berapa banyak bangunan di Kota Baubau yang belum mengantongi IMB. Pasalnya saat ini dinasnya masih sementara melakukan pendataan. Untuk itu dia berharap masyarakat Baubau yang hingga kini belum memiliki IMB, untuk secepatnya mengurus. (k2/b/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top