Dua Hari, Dua Insiden Laut Terjadi, 1 Korban Hilang – FAJAR Sultra
News

Dua Hari, Dua Insiden Laut Terjadi, 1 Korban Hilang

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI- Dua insiden laut berhasil ditangani tim Search and Rescue (SAR) Kendari. Evakuasi pertama dilakukan pada Rabu (18/1) pukul 19.30 Wita terhadap kapal penumpang KM Tiga Putri 02 dengan rute Binongko-Baubau yang mengalami mati mesin. Proses penyelamatan kedua kemudian pada armada nelayan KM Tangkare yang mengalami tabrakan dengan kapal penampung ikan pada Kamis (19/1) dinihari. Satu orang dinyatakan hilang dalam kecelakaan laut tersebut.

Kepala Kantor SAR Kendari, Muslimin melalui Humasnya, Wahyudi yang dikonfirmasi kemarin menjelaskan, proses evakuasi pertama pada penumpang KM Tiga Putri O2 GT 53 dilakukan pasca pihaknya menerima laporan bila kapal tersebut mengalami mati mesin pada pukul 12.00 Wita. Informasi tersebut kemudian diteruskan ke Pos SAR Baubau dan pihak KPLP.

Kapal diketahui bertolak sejak pukul 8.00 Wita dari Pelabuhan Binongko tersebut mengalami mati mesin di perairan antara Batauga dan Siompu. “Kami langsung menerjunkan Kapal RB 307 bersama personil SAR untuk melakukan pencarian.

Tepat pukul 15.15 Wita, kapal yang mengangkut 19 penumpang itu ditemukan terapung-apung di titik koordinat 05 50′ 00″S – 122 44′ 30″E. Seluruh penumpang dievakuasi ke kapal RB 307 untuk dibawa ke Pelabuhan Murhum Baubau. “Tiba di Pelabuhan tepat pukul 19.30 Wita, semua yang dievakuasi selamat sampai tujuan,” jelas Wahyudi.
Pria yang akrab disapa Yudi itu juga menjelaskan, untuk informasi kecelakaan KM Tangkare yang akan melakukan pencarian ikan di laut Lasalimu diperoleh dari Zulkufli, salah satu anak buah kapal.

“Kapal tersebut memuat 10 penumpang, dan akibat kecelakaan tersebut, ABK bernama La Uko (50) dinyatakan hilang. Kami langsung berkordinasi dengan pihak Pos SAR Wakatobi untuk melakukan pencarian, dan hingga kini sembilan orang telah dievakuasi dan satu orang yang hilang sedang dalam pencarian,” jelasnya. (c/kmr)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top