Di Konawe, Kepala SKPD Wajib Salat Jumat Berjamaah di Masjid Babussalam – Fajar Sultra
News

Di Konawe, Kepala SKPD Wajib Salat Jumat Berjamaah di Masjid Babussalam

Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa bersama Kapolres Konawe seusai salat Jumat di Masjid Babussalam Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI—Pemerintah daerah (Pemda Konawe) terus berbenah. Selain menggenjot pembangunan infrastruktur di berbagai bidang, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) juga dibenahi. Terutama pada aspek spiritual, daerah yang dinahkodai Kery Saiful Konggoasa itu menekankan agar seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) beserta jajaran (muslim laki-laki tentunya) untuk intens melaksanakan salat secara berjamaah.

Bukan hanya salat Jumat saja, tapi juga lima waktu lainnya. Khusus salat Jumat, semua PNS muslim wajib salat berjamaah di Masjid Babussalam Konawe. Penegasan ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, H. Ridwan Lamaroa.

Mantan Kadis Pendidikan Konawe menjelaskan, ajakan kepada PNS melaksanakan salat Jumat berjamaah merupakan inplementasi dari Visi-misi kabupaten Konawe yakni meningkatkan iman dan taqwa. Menurutnya Visi-misi tersebut sangat bermanfaat untuk membangunan Konawe kedepannya.

“Untuk membangun Konawe, tidak hanya pada aspek fisik saja. Tapi perlu dilakukan pembangunan moralnya juga. Agenda Jumatan rutin ini salah satu program dari Bupati Konawe untuk membangun moral, keimanan dan juga menjaga silaturahmi antar PNS lintas SKPD. Mulai hari ini (kemarin,red) dan seterusnya, program ini rutin dilakukan. Kami minta seluruh pegawai Pemda ikut berjamaah di Babussalam tiap Jumat,” bebernya saat ditemui usai salat Jumat, kemarin.

Selain salat Jumat secara berjamaah, Sekda menginstuksikan kepada pimpinan SKPD untuk memanfaatkan Musalla di masing-masing SKPD untuk salat zuhur bersama. Untuk memastikan intruksi ini berjalan maksimal, dirinya akan melakukan kunjungan di masing-masing Musalla SKPD.

“Kita ingin musalla tiap SKPD bisa difungsikan lagi. Saya rencana akan bergerilya dan menyiapkan penceramah untuk memberikan tausiah tiap usai salat berjamaah. Dengan melakukan hal seperti ini, kita berharap keimanan pegawai Pemda Konawe bisa bertambah dan kinerjanya juga bisa lebih baik,” tandasnya.

Gagasan cerdas Pemda Konawe ini tentu patut diapresiasi. Sekaligus menjadi contoh bagi daerah lain. Meski belum ada sanksi disiapkan, namun Pemda berharap pimpinan SKPD dan PNS tidak menunggu itu baru mau ikut. “Sesuatu yang baik, kalau dilakukan dengan ikhlas tentu hasilnya bisa lebih bagus. Ketimbang terpaksa, juga tidak akan dapat apa-apa. Jadi, mari kita sukseskan program ini,” imbuhnya.

Program semacam ini baru Pemprov Sultra dan Pemda Konawe memberlakukan. Kedepan, mungkin daerah lain bisa mencontoh. Semoga saja, ada efek positif setelah program ini dijalankan. Utamanya pada aspek peningkatan kinerja. (def)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top