Bangun Stadion, Pemprov Gandeng PT Antam Tbk – FAJAR Sultra
News

Bangun Stadion, Pemprov Gandeng PT Antam Tbk

Stadion bila. Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI—Untuk sementara, penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) pembangunan stadion baru pengganti Lakidende masih harus ditunda. Pasalnya, ada beberapa klausul usulan Pemprov Sulta yang masih harus dikonsultasikan ke pihak Komisaris PT Aneka Tambang (Antam). Kendati ditunda, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini telah memberi jaminan akan mewujudkan kerja sama tersebut. Makanya, pembahasannya akan dipercepat. Apalagi nota kesepahaman ini diagendakan akan menjadi kado 9 tahun kepemimpinan Nur Alam-H.M. Saleh Lasata (NUSA).

“Ternyata masih ada masalah internal. Namun bukan pada persoalan jadi atau tidak stadion ini akan dibangun. Namun lebih pada SOP yang harus dipatuhi. Ada beberapa poin yang pembahasannya belum final. Makanya akan dilanjutkan ke rapat internal mereka dengan pihak komisaris. Rencana penandatangan MoU di Jakarta pekan lalu ikut ditunda,” beber H. A.M. Hasbi Saing, Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Setprov Sultra ini, Minggu (22/1).

Adapun poin yang masih harus dikonsultasikan dengan komisaris lanjut mantan Kabag Keagamaan Biro Kesra ini, menyangkut redaksi MoU. Dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS), hanya stadion yang akan dibangun. Sementara dalam draf, pembangunan sarana olah raga. Tim dari PT Antam meminta waktu mengkonsultasikan hal ini ke komisaris. Bila diputuskan, hal ini dianggap bisa menyalahi prosedur. Namun demikian, PT Antam berjanji akan mempercepat pembahasannya sebelum ekspose 9 tahun Nusa.

“Insya Allah, penandatangan MoU akan dilaksanakan tanggal 18 Febuari atau bertepatan dengan pelaksanaan ekspose. Untuk masalah jumlah anggaran, PT Antam sudah tidak mempermasalahkan. Hanya saja, hal ini yang harus dikonsultasikan terlebih dahulu. Sesuai usulan Pemda nilainya Rp 100 miliar,” jelas Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra.

Meskipun belum ditandatangani, pembahasannya sudah masuk tahap yang lebih maju. Pemda telah diminta mempertimbangkan beberapa miniatur stadion. Sebab sampel maket yang disiapkan sebelumnya akan diubah lantaran masih tercantum sarana olah raga. Katanya, ada beberapa miniatur yang ditawarkan salah satunya seperti Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, Yogyakarta. Stadion yang menjadi markas klub sepak bola Persiba Bantul memiliki kapasitas 35 ribu penonton.

Untuk pengerjaannya, masih belum diputuskan. BUMN ini belum memastikan apakah pembangunannya akan diserahkan ke Pemprov atau ditangani sendiri. Sebab sebelumnya, PT Antam memiliki pengalaman memberikan bantuan yang sama di Pomalaa. Hanya saja, volumenya yang kecil. Namun untuk pelaksanaan ground breaking sudah sempat dibahas. Antara Pemprov dan PT Antam pun sudah sepakat untuk mempercepat pengerjaan fisiknya.

“Kalau ground breaking diperkirakan bulan Maret atau tidak lama setelah MoU. Kalau ada kendala, paling lambat April sudah bisa dikerja. Untuk lahannya sendiri sudah siap seluas 100 hektar, clear and clean. Namun untuk stadion diperkirakan hanya seluas 50 hektar saja,” pungkasnya. (Amal)

Luas Lahan SOR 100 Hektar
Dimanfaatkan 50 Hektar
Anggaran Usulan Rp 100 M
Diusul seperti Stadion Sultan Agung Bantul, Yogjakarta
Kapasitas : 35 Ribu Penonton
Paling Lambat April 2017 Dimulai

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top