Blanko e-KTP Habis, Dukcapil Gunakan Surat Keterangan – FAJAR Sultra
News

Blanko e-KTP Habis, Dukcapil Gunakan Surat Keterangan

LANGARA – Kekurangan blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tidak kehabisan akal untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Hal ini ditandai dengan diberlakukannya surat keterangan sebagai pengganti KTP-el.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Konkep, Wisma Agus SE.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Konkep, Wisma Agus SE, Senin (23/1) mengatakan bahwa diberlakukannya surat keterangan sebagai pengganti KTP-el itu merujuk surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bernomor : 471.13/10231/Tertanggal 29 September 2016.

“Ini sesuai surat edaran Mendagri, karena stok blanko KTP-elektronik habis makanya kita gunakan surat keterangan dan ini sama fungsinya dengan KTP-el tapi hanya berlaku selama enam bulan,” jelasnya.

Lebih lanjut Wisma Agus merinci sejak 18 Oktober 2016 pihaknya sudah mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP-elektronik sebanyak 86 lembar hingga hari ini.

“Kita masih sementara menunggu blanko KTP-el, kita juga tidak bisa mengadakan blanko karena hanya Kemendagri yang memiliki hak untuk mengadakan itu. Kita dijanjikan oleh Kementerian Dalam Negeri akhir bulan ini sudah akan ada blanko,” terangnya.

Meski blanko KTP-elektronik kata Wisma Agus namun pelayanan di Disdukcapil Konkep tetap berjalan sebagaimana biasanya,”Pelayan tetap berjalan, warga tetap bisa merekam sambil menunggu blanko,” tandasnya. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top