Pemda Diminta Hentikan Penerbitan Suket – FAJAR Sultra
News

Pemda Diminta Hentikan Penerbitan Suket

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) memuji langkah Wali Kota Kendari Asrun yang memerintahkan pelarangan penerbitan surat keterangan(suket) kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) jelang pemilihan kepala daerah.

KPU Sultra berharap kebijakan tersebut bisa diikuti enam daerah lainnya yang sedang melaksanakan pesta demokrasi.

Anggota KPU Sultra Andi Sahibuddin mengatakan penerbitan suket oleh pemerintah setempat sangat berpotensi dipermasalahkan. Soalnya pemerintah bisa dianggap memihak kepada salah satu pasangan calon.

“Jadi kita harus apresiasi kebijakan Wali Kota Kendari yang melarang penerbitan suket e-KTP. Penerbitan suket (di Kota Kendari ini) akan dibuka kembali setelah pemilihan wali kota,” ujarnya dalam rapat koordinasi KPU Sultra di Hotel Horison Kendari belum lama ini.

Andi Sahibuddin menginginkan KPU kabupaten lain supaya berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat supaya bisa menghentikan penerbitan suket untuk sementara waktu. Jika tidak dilakukan maka surat suara cadangan dipastikan tidak akan bisa mengakomodasi pemilih tambahan dan pemilih yang pindah memilih ke TPS lain.

Selain itu, dia juga berharap kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang menerbitkan suket supaya bisa memberikan data base suket yang dikeluarkan.

“Karena kalau tidak ada data base-nya, pihak pihak lain bisa saja mengeluarkan suket palsu atau abal abal. Dan kawan kawan KPPS tentu tidak akan paham mana suket palsu, mana suket asli. Makanya perlu ada data base yang disampaikan hingga ke KPPS,” jelasnya. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top