PTPS Diminta Pantau Money Politic – FAJAR Sultra
News

PTPS Diminta Pantau Money Politic

LASUSUA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), resmi melantik anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Senin (23/1), seluruh anggota PTPS diminta bekerja maksimal mengawal jalannya proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kolut 15 Februari mendatang.

Suasana pelantikan anggota PTPS Kolut di Gedung Patampanua Kota Lasusua, Senin (23/1).

Ketua Panwaslu Kolut, Ajmal arif, menuturkan, salah satu jenis pelanggaran Pilkada yang sangat diwaspadai jelang pelaksanaan Pilkada seperti saat ini, yakni aktivitas money politic.

“Berdasarkan pengalaman yang lalu-lalu, mendekati hari H pemilihan begini yang sangat patut diwaspadai adalah money politic, kita harapkan panitia pengawas tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa bisa berkerja maksimal, sehingga proses Pilkada ini berjalan demokratis dan terhindar dari berbagai jenis pelanggaran Pemilu khususnya money politic, ” papar Ajmal.

Dirinya menambahkan, PTPS merupakan ujung tombak dalam hal pelaksanaan pengawasan di lapangan, sehingga proses Pilkada dapat berjalan demokratis.

“Kita harapkan anggota PTPS bekerja maksimal menjunjung tinggi azas netralitas penyelenggara negara dan bekerja sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, jika misalkan kedepan ada anggota PTPS yang melanggar kode etik, kita akan lakukan klarifikasi dan jika terbukti kita akan minta yang bersangkutan mengundurkan diri,” jelasnya.

Usai mengikuti prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah di Gedung Patampanua Kota Lasusua, sebanyak 316 anggota PTPS se Kolut yang dilantik, juga diberi pembekalan, seluruh anggota PTPS ini nantinya akan disebar melaksanakan tugas di 133 desa dan kelurahan dari 15 kecamatan se Kolut. Anggota PTPS terbanyak adalah Kecamatan Lasusua dengan 55 PTPS, disusul Kecamatam Nagapa sebanyak 50 PTPS. (r2/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top