Ratusan Guru di Butur Demo – FAJAR Sultra
News

Ratusan Guru di Butur Demo

fT-aLJALILU

♦ Tuntut Pembayaran Tunjangan Provesi

BURANGA – Ratusan guru di Kabupaten Buton Utara (Butur), Senin (23/1) kemarin kompak menggelar aksi unjuk rasa di kantor Dinas Pendidikan daerah setempat. Aksi itu dilakukan untuk menuntut pembayaran tunjangan profesi guru (TPG) selaku hak dari mereka yang belum juga terbayarkan.

Foto para guru saat melakukan aksi unjuk rasa dalam menuntut pembayaran tunjangan profesi guru saat berada di halaman depan kantor Dinas Pendidikan daerah setempat, Senin (23/1).

TPG yang belum terbayarkan itu adalah TPG pada triwulan IV di tahun 2016 lalu yang hingga kini belum dibayarkan kepada para guru yang berhak.

Koordinator Aksi, La Ode Halim mengatakan aksi unjuk rasa yang akhirnya mesti dilakukan sebab hasil koordinasi secara personel melalui dialog dengan pihak Dinas Pendidikan yang pernah dilakukan sebelumnya tidak menghasilkan titik terang.

“Kedatangan kami kesini untuk mendapatkan kepastian kapan pembayaran tunjangan profesi kami bakal terbayarkan untuk triwulan IV tahun 2016 lalu sebesar Rp 1,7 miliar yang diperuntukan bagi ratusan guru yang telah sertifikasi di Kabupaten Buton Utara. Tentunya, ini merupakan kejadian yang aneh sebab tahun-tahun sebelumnya TPG kami selalu terbayar full setiap triwulannya,” ungkap La Ode Halim saat menyampaikan aspirasinya di kantor Dinas Pendidikan Butur.

Diapun mengancam, jika TPG mereka belum juga terbayarkan hingga awal Februari mendatang, bakal kembali menggelar aksi susulan menghadirkan jumlah massa dari kalangan guru lebih besar.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Buton Utara, Agus Pria Budiana yang menemui masa aksi mengatakan belum bisa memastikan kapan realiasasi TPG di Butur untuk triwulan IV tahun 2016 bakal terbayarkan.

Sebab, untuk menjawab itu semua, bebernya, pihaknya harus terlebih dulu melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan untuk menghasilkan kepastian kapan tunjangan profesi yang tertunggak bisa segera disalurkan.

“Insya Allah dalam waktu dekat Dinas Pendidikan Buton Utara bakal menyambangi Kemenkeu dan Kemendikbud untuk melakukan konsultasi terkait adanya tunjangan profesi guru di Buton Utara sebesar Rp 1,7 miliar yang belum terbayarkan itu,” ungkap Agus.

Menut Agus, belum terbayarnya TPG ratusan guru untuk triwulan IV merupakan imbas anggaran yang diporsikan tak cukup diakhir tahun lalu. Menurutnya, untuk saat ini tidak tepat mencari siapa yang salah dan benar. “Saya sebagai Kadis Pendidikan bakal memperjuangkan dan mencarikan solusi agar TPG ratusan guru di Buton Utara segera terbayarkan,” janjinya. (m3/a/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top