41 Desa di Konut Gelar Pilkades – Fajar Sultra
News

41 Desa di Konut Gelar Pilkades

Sulkarnain Sinapoy

WANGGUDU, BKK – Sebanyak 41 desa di Kabupaten Konawe Utara (Konut) bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak, pada 28 Februari mendatang. Saat ini, masing-masing desa peserta tengah menuntaskan pembentukan panitia sembilan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Konut, Sulkarnain Sinapoy mengatakan desa peserta Pilkades serentak di daerahnya tersebar di 12 kecamatan. Diantaranya kecamatan Motui (3 desa), Sawa (6), Lembo (3), Lasolo (3), Laskep (3), Wawolesea (1), Molawe (1), Andowia (5), Asera (5), Oheo (4), Langgikima (5) dan Landawe (2 desa).

Yang artinya, ada satu kecamatan yang luput dari pemilihan serentak tersebut. Yakni kecamatan Wiwirano. “Saat ini sedang dituntaskan pembentukan panitia sembilannya. Kebanyakan sudah terbentuk. Yang terbentuk sudah membuka pendaftaran calon kades,” ungkap Sulkarnain, Selasa (24/1).

Dikatakannya, seluruh desa peserta pilkades tahun 2017 ini didominasi oleh desa pemekaran baru tahun 2015 lalu. Sisanya adalah desa yang Kadesnya memasuki akhir masa jabatan.

“Desa pemekaran baru sebanyak 26 desa. Sebagiannya lagi desa induk yang kepala desanya sudah berakhir masa jabatannya,” jelasnya.

Mengingat waktu pemilihan kurang lebih 35 hari lagi, mantan Kepala Bagian Pemerintahan Umum Pemkab Konut ini pun mengaku sedikit pesimis. “Saya pikir ini masih bisa molor. Kalau melihat tahapan yang sementara berjalan. Kita nanti akan berpatokan dengan kelengkapan administrasi. Utamanya bagi para calon,” tutupnya. (k7/c/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top