Butur Dapat Jatah 1.400 Sertifikat Prona – FAJAR Sultra
News

Butur Dapat Jatah 1.400 Sertifikat Prona

KENDARIPOS.CO.ID BURANGA- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Buton Utara siap menyalurkan ribuan sertifikat tanah proyek operasi nasional agraria (PRONA). Untuk tahun 2017, daerah yang dinahkodahi Abu Hasan itu mendapatkan jatah 1.400 setifikat prona. Kendati demikian, jika dibandingkan dengan tahun 2016, jatah sertifikat prona untuk Buton Utara tahun ini mengalami pengurangan sebanyak 1.900 sertifikat. Imbas, anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat untuk membiayai sertifikat prona berkurang.

Ilustrasi

Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPN Buton Utara, Arbi menuturkan, regulasi penyaluran sertifikat prona ditahun 2017 bakal menggunakan sistem Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berdasarkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang nomor 53 tahun 2016. Dengan demikian, lanjut Arbi, BPN tak lagi menerbitkan beberapa sertifikat tanah dalam setiap desa atau sistem paradis yang biasa diterapkan kini tak berlaku lagi.

“Melalui sistem PTSL penyaluran sertifikat prona mengupayakan dalam satu desa, semua tanah yang belum mengantongi sertifikat semua diberikan sertifikat. BPN tak tidak lagi menerbitkan beberapa sertifikat dalam satu desa. Sehingga nantinya setiap desa bakal digilir mendapatkan program sertifikat prona,” ujar Arbi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/1).

Arbi mengungkapkan, jatah sertifikat prona di Buton Utara yang diporsikan untuk tahun 2017 mengalami penurunan drastis tak seperti tahun sebelumnya mencapai 3.300 sertifikat. Untuk tahun ini, kata dia, hanya ada 1.400 sertifikat prona yang disiapkan bakal menyasar setiap tanah yang belum mengantongi sertifikat di daerah pedesaan di Buton Utara.

Pria ramah ini menambahkan, sosialisasi adanya program sertifikat prona di Buton Utara bakal baru bergulir Februari 2017 mendatang. Olehnya, pihaknya belum dapat memastikan berapa desa yang akan mendapatkan jatah sertifikat tanah gratis ditahun ini.

“Saya belum bisa memastikan desa mana saja yang akan mendapatkan sertifikat prona. Nanti akan ditetapkan berdasarkan regulasi yang ada dalam waktu dekat. Kendati demikian, saya berharap pemerintah desa segera membenahi batas wilayahnya. Sehingga program ini berjalan lancar, mengingat masih ada desa di Buton Utara batas wilayahnya belum ditetapkan,” tandasnya. (Hadrian)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top