Hmm ….. Hati-hati Pak Desa Kelola ADD Rp 1 Miliar – FAJAR Sultra
News

Hmm ….. Hati-hati Pak Desa Kelola ADD Rp 1 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID WANGGUDU- Tahun ini, anggaran yang dikelola setiap desa di Kabupaten Konawe Utara (Konut) sangat fantastis. Angkanya bisa mencapai Rp 1 miliar lebih. Anggaran sebanyak itu merupakan akumulasi dari dana desa (DD) bersumber dari APBN dan alokasi dana desa (ADD) dari APBD.

“Rinciannya DD sekira Rp 700 juta ditambah ADD Rp 300 juta lebih,” ungkap Sulkarnain Sinapoi, Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Konut, kemarin.

Di Konut, lanjut Sulkarnain, memiliki 159 desa yang terbagi dalam 13 kecamatan. Mantan Kabag Pemerintahan Sekretariat Pemda Konut itu menjelaskan, setiap desa punya porsi berbeda dalam menerima jumlah DD dan ADD. Semuanya disesuaikan dengan luas wilayah, jumlah penduduk, kepala keluarga miskin. Termasuk indeks kesulitan geografis (IKG) juga menjadi pertimbangan.

“Tidak semua angkanya sama, paling selisih dua sampai tiga ratus juta saja. Tapi kalau ditotal anggaran yang dikelola sekira Rp 1 miliar lebih,” ulangnya menegaskan.

Terkait realisasi pelaksanaan anggaran dilapangan, kata Sulkaranain masih mengacu pada program 2016. Pembenahan sarana dan prasaran maupun pemberdayaan masih menjadi hal utama dalam penggunaan anggaran.

“Itu masih mengacu pada petunjuk pemerintah pusat. Nanti kita akan evaluasi usulan kepala desa berdasarkan RKP yang diajukan,” jelasnya.

Sulkarnain juga menitipkan pesan agar kepala desa dalam melakukan pengelolaan anggaran benar-benar memprioritaskan pembangunan. Karena anggaran yang dikelola cukup besar. “Kita inginkan kepala desa mengelola anggaran tepat sasaran jangan diselewengkan,” imbuhnya. (b/min)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top