Honorer Disperindag Koltim Berbulan-bulan belum Digaji – FAJAR Sultra
News

Honorer Disperindag Koltim Berbulan-bulan belum Digaji

TIRAWUTA, BKK – Sejumlah pegawai honor di Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kolaka Timur (Koltim), mengeluhkan upah mereka yang belum diberikan sejak berbulan-bulan. Padahal ada kabar bahwa uangnya sudah cair.

Sekretaris Disperindagkop Koltim, Muhammad Faisal membenarkan bahwa kalangan honorer mulai bertanya-tanya mengapa upah mereka hingga penghujung Januari ini belum juga terbayarkan. “Honor mereka itu cuma Rp 500,000 per bulan,” kata Faisal.

Faisal sendiri pernah mencoba menanyakan kejelasan upah rekan-rekannya itu kepada bendahara dan kepala dinas. Saat itu, bendahara mengaku anggarannya sudah ada di tangan kepala dinas. Namun jawaban sebaliknya dia dapatkan dari kepala dinas.

“Pak Basran (bendahara Disperindagkop) bilang uangnya sudah ada sama Pak Kadis. Lalu Pak Kadis bilang, sudah ada sama bendahara. Jadi antara kadis dengan bendahara saling tunjuk, jadi kami juga bingung sebenarnya ada apa sama itu uang honornya kita,” kata Faisal yang dihubungi Berita Kota Kendari, Kamis (26/1).

Belum diterimanya upah honorer juga diperkuat oleh Nurwati, yang bertugas sebagai pemeriksa barang. Nurwati membenarkan dia dan rekan-rekannya yang lain belum menerima honor mereka beberapa bulan terakhir.

Malah, Nurwati sudah enam bulan terakhir belum terima honornya. “Kita bertiga yang menangani bagian pemeriksa barang, sampai hari ini pun honor kami. Seingat saya, kurang lebih selama 6 bulan terakhir ini belumpi kasihan dibayarkan,” kata Nurwati yang dihubungi via selulernya.

Ada lagi honorer lainnya, Irsanto. Pria yang bekerja sebagai cleaning service ini juga mengaku honornya belum dibayarkan selama 3 bulan terakhir. “Benar Pak. Gaji saya masih ada dihitung 2016, sudah tiga bulan,” katanya.

Sementara Kepala Disperdarinkop Koltim, Sahibo yang dikonfirmasi tampak emosional saat ditanyakan kebenaran belum terbayarnya gaji honorer ini.

“Siapa itu yang bilang honornya belum dibayar? Suruh dia ketemu saya besok di kantor,” ucap Sahibo dengan nada keras, lalu menutup ponselnya.

Sayangnya saat dihubungi ulang, ponselnya dalam keadaan tidak aktif lagi. (k3/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top