KM Manusela 02 Hilang, 11 Nelayan Belum Ditemukan – Fajar Sultra
News

KM Manusela 02 Hilang, 11 Nelayan Belum Ditemukan

KENDARIPOS.CO.ID WANGI-WANGI- Sebelas nelayan asal Pulau Binongko belum ditemukan keberadaannya hingga kemarin sore (29/1). Tim gabungan Polres Wakatobi, SAR, TNI, dan nelayan sudah melakukan pencarian selama empat hari terakhir, namun hasilnya nihil. Mereka diperkirakan hilang di Perairan Binongko atau lebih dikenal dengan nama Perairan Tuwutuwu.

Sudah 10 hari mereka melaut tapi tak kembali. 11 nelayan itu yakni Andi Kamaruddin (28), Hardin (19), Herni (15), La Gani (49), La Alio (45), La Jali (19), Januli (21), Emil (19), Hasan (23), Safrin (23), La Bobi (17). Mereka meninggalkan Pulau Binongko sejak tanggal 21 Januari 2016. Mereka dinyatakan hilang pada tanggal 26 Januari 2016.

Kapolres Wakatobi, AKBP Didik Supranoto mengungkapkan, para nelayan ini biasanya hanya melakukan aktivitas di laut selama tiga sampai empat hari. Sayangnya hingga tanggal 25 Januari lalu belum ada tanda-tanda dari nelayan yang membawa kapal KM Manusela 02 ini kembali ke kampung halamannya. “Memasuki hari kelima, tepatnya 25 Januari, keluarga yang mencari sendiri. Namun tidak ada hasil,” ujar Didik Supranoto.

Pihak keluarga, kata dia, akhirnya melaporkan kejadian ini ke Polsek Binongko tanggal 26 Januari. Polsek Binongko langsung meneruskan laporan tersebut ke Polres Wakatobi. Pada hari yang sama, anggota dari Polres Wakatobi langsung bergeser ke Binongko dari Wangiwangi untuk melakukan pencarian. “Termasuk saya sendiri ikut ke Binongko. Sorenya kami tiba. Kami langsung kerahkan anggota untuk mencari dengan menggunakan kapal Polair, Polres Wakatobi dengan bantuan SAR Wakatobi dan kapal Manusela 04 dan 05,” beber Didik Supranoto.

Keberadaan para nelayan belum teridentifikasi. Polres pun meminta bantuan SAR Baubau. “Tanggal 28 Kapal SAR Baubau tiba di Binongko dengan membawa personil dan kapal. Dan kita kembali lakukan pencarian. Titik-titik pencarian juga kami perluas,” tambahnya.

Selain di Tuwutuwu, tim gabungan yang terdiri dari Polres Wakatobi, Koramil Binongko, Anggota Pos AU, SAR dan nelayan setempat juga menjelajahi lokasi yang biasa disambangi oleh nelayan yakni di Kente Olo, Moro Maho hingga Pulau Runduma.

Koordinator Pos SAR Wakatobi, Refin mengungkapkan, hingga saat ini belum bisa dipastikan mengenai kondisi 11 penumpang kapal tersebut. “Tapi kalau dugaan sementara, musibah hilangnya 11 nelayan disebabkan kondisi cuaca yang kurang mendukung. Kita akan terus mencari dengan bantuan tim lainnya,” ungkap Refin. (thy/b)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top