Lagi, Pemkab Bangun Ratusan Kios Gratis – Fajar Sultra
News

Lagi, Pemkab Bangun Ratusan Kios Gratis

WA ODE FITRI/BERITA KOTA KENDARI
PENGUNDIAN LOKASI KIOS. Sejumlah pedagang mengikuti jalannya pengundian lokasi kios di Kantor Dinas Perindag Muna, Senin (30/1). Pemkab Muna menyiapkan lokasi baru bagi para pedagang kaki lima yang beraktivitas di bahu Jl Lumba-lumba, Raha.

RAHA, BKK- Pemerintah Kabupaten Muna kembali membangun kios yang nantinya diserahkan kepada para pedagang secara cuma-cuma. Setelah pembangunan kios di depan Hotel Aliyah, Raha, Pemkab Muna kini tengah menyelesaikan pembangunan sebanyak 137 kios di bagian timur Pasar Pelelangan Ikan, Laino, Raha.

Lokasi perdagangan kaki lima yang baru ini dipersiapkan bagi para pedagang yang hingga kini masih berjualan di bahu jalan Lumba-lumba, terutama di depan Kantor DPD Partai Golkar Muna.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muna, Akhmad Yani B SE M Si mengatakan, seluruh kios tersebut sama ukurannya, yakni 2 meter x 3 meter. Nantinya, akan diberikan secara gratis kepada para pedagang yang direlokasi.

Belajar dari pengalaman relokasi sebelumnya, pihak Disperindag Muna kali ini menjalankan sistem pengundian, agar pembagian kios bisa berjalan dengan tertib. “Agar teratur pembagian kiosnya, kami adakan lot hari ini. Jadi tidak ada lagi yang rebutan tempat strategis,” kata Akhmad Yani yang mengawasi secara langsung jalannya sistem lot tersebut.

Dia menambahkan, para pedagang sudah siap untuk direlokasi karena sebelumnya Disperindag bersama Satpol PP telah melakukan sosialisasi. “Sebetulnya yang namanya berjualan di bahu jalan itu tidak dibenarkan. Hanya karena mereka ini masyarakat kecil, maka kita adakan sosialisasi dulu,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Pelaksana Harian Kasat Pol PP Muna, Drs Simithata mengatakan, pihaknya telah diberikan target sepekan ke depan para pedagang sudah harus pindah ke lokasi yang telah disiapkan. Agar proses relokasi berjalan lancar, Satpol PP akan menerjunkan 60 personilnya untuk membantu pedagang mengevakuasi barang dagangannya.

Sementara pantauan Berita Kota Kendari di Kantor Perindag Muna, para pedagang tampak antusias mengikuti jalannya pembagian kios dengan cara pengundian itu. Sejumlah pedagang mengaku tidak mempermasalahkan lokasi kios yang akan mereka dapatkan.

“Kita ikuti aturan. Yang penting ada kiosnya untuk kita dan gratis,” ujar La Ben, salah satu pedagang yang sudah bertahun-tahun mangkal depan Kantor Golkar Muna itu. (cr1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top