PT Fisidev Tindo Siap Penuhi Tuntutan Warga – FAJAR Sultra
News

PT Fisidev Tindo Siap Penuhi Tuntutan Warga

ok-konsel-pt-fisidev

MARWAN/BERITA KOTA KENDARI
MEMEDIASI. Camat Pallangga, Jalil beserta Kapolres Konsel , H Hendrik Widyana yang didampingi Kapolsek Palangga, Iptu Muhlis, Kapolsek Palangga Selatan, Ipda Darwin Tamba, saat melakukan mediasi antara warga dengan pihak perusahaan.

ANDOOLO, BKK– Setelah didemo seharian, pihak PT Fisidev Tindo yang bergerak di bidang pertambangan akhirnya menyatakan siap mengakomodir tuntutan warga Desa Kiaea dan Desa Watumerembe, Kecamatan Palangga.

Kesediaan perusahaan tambang tersebut disampaikan oleh Camat Pallangga, Jalil S Sos M Kes usai mengikuti pertemuan tertutup antara pihak manajemen PT Fisidev Tindo serta Kapolres Konsel, AKBP, H Hendrik Widyana, S IK, di Kantor PT Fisidev Tindo, Senin (30/1).

Adapun tuntutan warga ada tiga. Pertama, pihak pemerintah, dalam hal ini pemerintahan desa dan kecamatan mengakomodir kelompok mereka sebagai dasar untuk pembayaran royalti dari perusahaan. Kedua, perekrutan karyawan diutamakan dari masyarakat Desa Kiaye dan Desa Watumerembe serta masyarakat Konsel pada umumnya. Ketiga, segala bentuk kesepakatan antara perusahaan dan masyarakat harus melalui nota kesepahaman.

“Mereka sudah siap memenuhi tuntutan warga desa. Jadi kami harap, aksi demonstrasi ini bisa dibubarkan agar aktivitas perusahaan bisa kembali berjalan,” kata Jalil.

Sebelumnya, aksi dari massa gabungan desa ini muncul akibat tidak adanya respons perusahaan atas tuntutan warga yang disampaikan sebelumnya. “Demo ini kami lakukan karena perusahaan sudah berjalan, sementara kesepakatan antara masyarakat dan pihak perusahaan belum ada. Jadi di sini kami sebagai penduduk asli merasa dirugikan. Maka dari itu kami demo,” jelas Samsudin, warga yang bertindak sebagai Korlap.

Dia mengatakan, selama tidak ada pernyataan dari perusahaan, dia memastikan massa tidak akan angkat kaki dari lokasi penambangan. Sekadar diketahui, akibat unjuk rasa ini, aktivitas pertambangan sempat terhenti selama beberapa jam.

Namun aksi ini sendiri berjalan dengan tertib. Kapolres Konsel AKBP H Hendrik Widyana tampak turun langsung memantau pengamanan yang dilakukan jajarannya. (k8/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top