Jika Ruksamin Turun Langsung di Jumat Barokah – FAJAR Sultra
News

Jika Ruksamin Turun Langsung di Jumat Barokah

KOLAKAPOS, Wanggudu–Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin menetapkan setiap hari Jumat terakhir setiap bulan sebagai Jumat Barokah KONA SARA iKonawe Utara Sejahtera dan Beradab, Bupatipun terjun langsung ke desa yang memiliki tingkat kesulitan tertinggi dengan melibatkan semua SKPD.

Jumat Barokah KONASARA untuk kali pertama dilaksanakan di desa Pondoa Kecamatan Lamonae daerah paling ujung utara Kabupaten Konawe Utara yang berbatasan langsung daerah Kecamatan Routa Kabupaten Konawe Utara.

Hasil pantauan awak media ini di lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut ternyata hal ini bermakna dan bernuansa Islami dan sosial kemasyarakatan karena kegiatan ini ternyata berisi sejumlah kegiatan amal para kepala SKPD dan jajarannya untuk memberikan bantuan atau sedekah kepada warga di daerah yang dikunjungi sebagai tempat pelaksanaan Jumat Barokah Konasara ini.
Adapun hal yang dilakukan Bupati bersama Wakil dan para Kepala SKPD dan sejumlah ASN lainnya adalah pertama olah raga senam bersama warga serta memberikan bantuan langsung berupa perbaikan atau rehab rumah warga, bahkan ada pembangunan rumah baru yang mana sebelum rumah itu dibangun terlebih dulu lokasinya di gusur menggunakan Exacavator dan di ratakan dengan Buldoser.
Selain itu pembuatan WC, penyuluhan tentang pertanian, pembuatan kebun PKK, pembukaan lahan kebun untuk tanaman jagung, pembuatan lapangan sepak bola, pembenahan dan pelayanan secara langsung serta pemberian bantuan perbengkelan dan sejumlah bantuan lainnya. Bahkan sejumlah urusan warga yang berkaitan dengan dinas terkait langsung dilayani di tempat tersebut, seakan-akan pemerintahan Konawe Utara berpindah ke Desa Pondoa karena semua urusan warga bisa di selesaikan hari itu juga tanpa harus repot-repot lagi ke Kota Wanggudu. Bahkan Dinas PU memperbaiki jalanan yg rusak dengan bulldozer dan excavator.
Sementara itu Bupati H. Ruksamin saat diwawancarai mengatakan, kami sangat bersyukur melihat antusias masyarakat di daerah ini, dimana kedatangan kami disambut dengan begitu antusias terlebiih lagi setelah dilakukan olah raga bersama nampak di wajah mereka rasa senang dan bahagia atas kedatangan pemerintah daerah bersama rombongan.

Lanjut dia, kegiatan ini kami tetapkan setiap hari Jumat terakhir setiap bulan adalah Hari Jumat Barokah Konasara dan kegiatan semacam ini akan kita gilir untuk setiap kecamatan dan dalam setahun itu ada 13 kecamatan yang akan kita jangkau. “Jadi nanti ada dalam sebulan dua kali pelaksanaannya melakukan kegiatan pelayanan, penyuluhan, pemberian bantuan dan melihat langsung potensi desa dan kendala apa yang dihadapi masyarakat di desa itu,” jelas Ruksamin.

Selain kegiatan di atas Bupati dan wakil Bupati Konut juga melakukan peninjauan ke kebun masyarakat daerah itu yang berisi tanaman Merica. Ternyata lahan warga desa Pondoa ini begitu luas dan berisi tanaman Merica, sekitar 7.000 pohon siap panen, jenis merica Bangka Belitung yang cocok dengan kondisi tanah di desa Pondoa.
Terkait kunjungan bupati bersama wakilnya di kebun Merica warga Pondoa mengatakan, kita patut apresiasi antusias warga di desa ini untuk sektor pertanian dimana lahan dan tanaman mericanya sudah siap panen dan jumlahnyapun sudah ribuan pohon bahkan bisa mencapai puluhan ribu, ungkapnya. Bahkan warga sudah siap menanam jagung karena sudah mereka uji dan coba menanamnya dan ternyata tanahnya sangat cocok karena baru dua minggu jagungnya sudah selutut tingginya, jadi memang tanah di sini sangat subur dan cocok sekali untuk dijadikan wilayah pertanian, dan itu langsung direspon masyarakat dan mereka siap untuk menanam jagung yang kita programkan, adapun caranya warga desa ini melakukan tehnik tumpang sari di kebun merica mereka, beber H. Ruksamin.
(K7/b/hen)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top