Muna Segara Miliki Universitas – FAJAR Sultra
News

Muna Segara Miliki Universitas

RAHA, BKK– Terobosan demi terobosan terus dilakukan Bupati Muna LM Rusman Emba ST dan Wakil Bupati Muna Ir H Malik Ditu M Si. Salah satunya adalah mendirikan sebuah universitas di Muna. Jika tidak ada aral, tahun 2017 ini, Kabupaten Muna sudah memiliki sebuah universitas baru.

Menurut rencana, universitas ini akan membuka sejumlah fakultas, diantaranya pemerintahan, ilmu politik, hukum, ekonomi, keguruan (matematika dan bahasa Inggris), kehutanan, agribisnis, agrotek dan perikanan. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Muna H Malik Ditu saat membuka kegiatan seminar Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal, di Aula Galampano, Selasa (31/1).

“Kita akan segera miliki sebuah universitas tahun ini. Kita sudah siapkan lahan sekitar 10 hektar untuk lokasi kampus. Itu untuk jangka panjangnya. Untuk jangka pendeknya, kita akan tempatkan lokasi perkuliahan di beberapa tempat di Raha,” katanya.

Dia melanjutkan, sejumlah program studi yang dibuka berdasarkan hasil evaluasi kepeminatan. Dalam artian, Pemkab menganggap program-program studi tersebut banyak peminatnya, seperti FKIP jurusan Matematika dan Bahasa Inggris, kemudian Fisipol, Hukum, Ekonomi dan jurusan yang ada di STIP Wuna saat ini.

Pembukaan universitas ini juga dimaksudkan agar perputaran ekonomi di Muna bisa semakin kencang. Pasalnya, setiap tahun uang di Muna yang dibawa keluar sekitar Rp 100 miliar, hanya untuk biaya kuliah.

“Bayangkan tiap tahun uang kita dibawa keluar sekitar Rp 100 miliar hanya untuk kuliah. Jika kita miliki universitas, maka uang itu akan masuk kembali ke Muna. Imbasnya sudah tentu perekonomian rakyat makin hidup, tenaga kerja juga terserap dan pasti kesejahtraan rakyat juga meningkat,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wabup juga menyinggung peristiwa tertangkapnya seorang siswi SMA 2 Raha karena kasus narkoba. Dia pun sangat prihatin dan berharap siswi tersebut merupakan yang terakhir.

“Kalau kita mau maju, hindari yang namanya enak-enak, kata mereka sabu itu enak, padahal itu bohong besar. Kalau mau berhasil, cobalah fokus pada hal-hal positif seperti pendidikan. Hindari hal hal yang negatif,” pungkas alumni Universitas Gadjah Mada ini.

Pantuan Berita Kota Kendari, kegiatan seminar ini diikuti ratusan siswa-siswi SMA, SMK di Kota Raha. Kegiatan ini sendiri digelar Kelompok Study Mahasiswa Katobu (Kosma Katobu). Tampil sebagai pemater acara ini DR Wa Ode Sipatu M Si dan Sekretaris Diknas Muna Ashar, Dulu S Pd M Pd. (cr1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top