Tony: Kepala Desa Harus Siap 24 Jam – FAJAR Sultra
News

Tony: Kepala Desa Harus Siap 24 Jam

ok-koltim-pelantikan-kades

ABDUL RAHIM/BERITA KOTA KENDARI
MULAILAH BEKERJA. Bupati Koltim, Tony Herbiansyah saat menandatangani berita acara penyerahan perekat tanda pangkat dan sumpah jabatan, pada pelantikan 83 kepala desa, hasil Pilkades serentak Desember 2016, di Aula DPRD Koltim, Rabu (1/2).

TIRAWUTA, BKK- Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah menyampaikan sejumlah harapan kepada 83 kepala desa yang pada Rabu (1/2), resmi dia lantik, di Aula gedung DPRD Koltim. Yang paling utama, seorang kepala desa harus siap melayani warganya 1 x 24 jam.

Tony percaya, seluruh 83 kepala desa yang terpilih pada Pilkades 21 Desember 2016 lalu, merupakan pilihan terbaik warganya. Karena itu, sudah sepantasnya kepala desa memegang amanah tersebut dan membuktikannya dengan memberikan pelayanan yang maksimal.

“Silahkan gunakan anggaran yang sudah disiapkan untuk membangun kantor yang nyaman. Supaya nantinya tidak bergegas ingin pulang ke rumah sebelum selesai jam kerjanya,” kata Tony.

Bupati juga mengingatkan para kepala desa agar dalam tiga hari setelah pelantikan, sudah harus menyusun RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) supaya dana desa yang jumlahnya Rp 1 miliar per desa, bisa teralokasikan dengan baik. Jangan sampai asal kerja seperti banyak kepala desa yang kini bermasalah dengan aparat hukum.

“Ingat, sekarang pengelolaan dana desa sudah dipantau oleh KPK,” ujarnya.

Nasehat bupati yang lainnya, kepala desa tak boleh memilih-milih warga yang dilayaninya karena masalah dukungan. Jika itu terjadi, dia memastikan pembangunan akan sulit dijalankan. Kepala desa justru harus bisa merekatkan kembali warganya yang terpecah karena perbedaan pilihan pada Pilkades lalu.

Pilkades, lanjutnya, merupakan wadah pembelajaran demokrasi yang menunjung nilai-nilai kebersamaan, toleransi, pluralisme, dan kesetaraan gender. “Rangkul semua golongan, dan ajak warga agar bersama-sama membangun desa,” tandasnya.

Acara pelantikan ini dihadiri para pejabat di Koltim. Hadir pula massa pendukung masing-masing 83 kepala desa sehingga membuat acara ini terlihat sangat padat dan semarak. (k3/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top