DPT Bisa Picu PSU – Fajar Sultra
News

DPT Bisa Picu PSU

KENDARI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra sudah memetakan kerawanan atau potensi masalah dalam setiap tempat pemungutan suara (TPS) dalam pilkada tujuh daerah. Meski sudah memetakan kerawanan, namun Bawaslu belum bisa memprediksi daerah mana saja yang berpotensi terjadinya pemungutan suara ulang (PSU).

“Kalau soal itu kita belum bisa prediksi. Tapi semua daerah bisa saja ada kerawanan atau potensi masalah yang mengganggu proses pilkada. PSU itu kalau kita lihat masalah utamanya bersumber dari daftar pemilih,” kata Anggota Bawaslu Sultra Munsir Salam saat dihubungi via telepon, Kamis (2/2).

Menurutnya daftar pemilih tetap (DPT) yang ada saat ini bisa menjadi salah satu aspek yang memicu terjadi PSU. Soalnya semua daerah yang akan pilkada di Sultra punya masalah dalam hal DPT termasuk Kota Kendari dimana masih ditemukannya pemilih ganda.

“ Jadi ketika DPT kita ditetapkan, masih banyak pemilih yang harus dikeluarkan karena mereka tidak punya identitas.Nah, mereka ini kan lagi mengurus identitas berupa surat keterangan (suket). Suket inilah yangharus kita pastikan apakah resmi dikeluarkan Disdukcapil atau tidak,” jelasnya.

Menurutnya suket –suket yang digunakan warga ada kalanya palsu. Bahkan saat akan menyalurkan hak pilih, ada warga yang justru menggunakan surat panggilan memilih atau C6 milik orang lain.

“Kalau ada C6 orang yang dipakai maka rekomendasinya bisa PSU,” ujarnya.

Pihaknya sudah mengantisipasi agar penyimpangan seperti itu tidak terjadi. Mereka bahkan sudah memerintahkan kepada Panwaslu agar berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan KPU setempat tentang distribusi C6.

Panwaslu katanya harus memastikan formulir C6 benar-benar diterima oleh orang yang sesuai dengan identitasnya.

“Kita juga minta(Panwaslu) berkoordinasi dengan Disdukcapil supaya suket yang dikeluarkan siapa siapa saja. Adapun salinannya harus dimiliki pengawas pemilu. Kemudian,(salinan suket) itu didistribusikan ke TPS untuk memastikan bahwa (pemilik suket) betul-betul sesuai dengan identitasnya,” ungkapnya. (HRS)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top