Kejaksaan Segera Ekspose Dugaan Korupsi di Mubar – FAJAR Sultra
News

Kejaksaan Segera Ekspose Dugaan Korupsi di Mubar

*Kadis PU dan Kabid Bina Marga Sudah Dimintai Keterangan

RAHA – Kejaksaan Negeri Muna segera menuntaskan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) kasus dugaan korupsi tahun 2015 yang terjadi di Kabupaten Muna Barat.

Teranyar, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mubar, La Ode Butolo sudah dimintai keterangan oleh penyidik Kejari Muna pada Selasa (31/1). Butolo memberikan keterangan di Kejari Muna dalam kapasitas sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam kegiatan proyek irigasi Katanganan I tahun anggaran 2015 senilai Rp6,9 miliar, dan proyek peningkatan kualitas tiga ruas jalan di Mubar.

Proyek peningkatan kualitas jalan di Mubar meliputi peningkatan kualitas poros Wuna-Lafinde senilai Rp3,6 miliar yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2015, poros Lafinde-Maperaha senilai Rp3,2 miliar, dan poros Wakoila-Waturempe dianggarkan melalui DAU tahun 2015 sebesar Rp3,9 miliar.

“La Ode Butolo kami sudah dimintai keterangannya. Yang bersangkutan kami mintai klarifikasi terkait dengan proyek irigasi dan jalan di Mubar tahun 2015,” aku Kepala Kejari Muna, Badrut Tamam, SH melalui Kepala Seksi Intelijen Kejari Muna, La Ode Abdul Sofyan ketika dikonfirmasi, Kamis (2/3)

Selain La Ode Butolo, dalam kasus ini, Kejari Muna juga rupanya telah memintai klarifikasi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Muna Barat, Zet Rambak. “Kalau Pak Kadis PU kita sudah mintai juga klarifikasinya sejak dua minggu lalu,” ucap Sofyan.

Ia mengungkapkan, penyidik Kejari Muna terus memperdalam penggalian bahan dan keterangan kepada pihak-pihak terkait dengan proyek tersebut. “Pihak-pihak terkait akan kita mintai klarifikasi semua,” ucapnya.

Selain dugaan korupsi proyek irigasi Katangana I dan tiga ruas jalan di Mubar, penyidik Kejari Muna juga tengah merampungkan pulbaket kasus dugaan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2015 di 21 desa di Mubar, senilai Rp 700 juta lebih.

Ditanya soal rencana ekspose kasus dugaan korupsi di Mubar, Sofyan mengungkapkan, kasus ini akan segera dieskpose di Kejari Muna dalam waktu dekat ini. “Kita akan segera ekspose. Menunggu pimpinan (Kajari Muna,red) datang,” ucapnya. (sra/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top