Kinerja Saber Pungli Belum Mengacu SOP – Fajar Sultra
News

Kinerja Saber Pungli Belum Mengacu SOP

KENDARI – Gerakan tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Provinsi Sultra, belum terdengar lagi kinerjanya dalam melakukan operasi. Terhitung baru sekali melakukan operasi tangkap tangan, di Kabupaten Konawe Utara, setelah itu belum terdengar lagi.

Pasalnya, hingga saat ini belum berjalan menggunakan standar operasional prosedur (SOP). Makanya, Koordinator Tim Saber Pungli Lukman Abunawas akan mengadendakan, rapat bersama tim untuk menggodok SOP, yang akan dijadikan acuan dalam melakukan operasi.

“Memang belum ada. Tapi harus kita lakukan sesuai SOP nantinya. Karena itu penting, supaya kita berjalan ada arah dan alurnya. Baik dalam melakukan penindakan maupun dalam melakukan pencegahan disemua jajaran pemerintahan,” tegas Sekda Provinsi Sultra itu, Rabu (1/2)

Menurutnya, jika tim saber pungli berjalan melakukan operasi hanya sebagai bentuk penindakan, maka belum tentu memberikan efek jera bagi aparatur sipil negara, disemua jajaran. Namun, jika telah diatur dalam SOP, tim saber juga melakukan pencegahan, maka yakin tidak akan ada lagi pungli dijajaran pemerintahan, baik daerah, provinsi maupun kementerian lembaga.

Olehnya itu, kata mantan Bupati Konawe dua periode itu pihaknya akan melakukan koordinas dalam rangka merumuskan SOP tim saber pungli. Sehingga, apa yang dilakukan tim saber bisa memberikan efek jera dan memberikan pencegahan kepada aparatur sipil negara terjerat masalah hukum.

Lukman memberikan warning kepada semua jajaran, khususnya bagi tenaga ASN baik jajaran Pemprov Sultra maupun daerah agar tidak main-main dengan pungli di instansinya. Jika diketahui dan ada bukti, maka pemberian sanksi akan dilakukan dan dirumuskan tim saber.

“Soal sanksi kan kita sudah sepakati, kalau dilakukan pegawai maka laporkan. Tapi kalau ditangkap tangan, maka tim akan proses sanksinya, apakah itu sanksi teguran, administrasi apakah hingga pemecatan sebagai abdi negara dijajaran pemerintahan,” tandasnya. (r3/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top