SMAN 4 Gelar Tryout UNKP – Fajar Sultra
News

SMAN 4 Gelar Tryout UNKP

KENDARI – SMAN 4 Kendari menggelar tryout Ujian Nasional (UN) berbasis paper test atau ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP) yang direncanakan berjalan selama tiga hari yaitu 2-4 Februari 2017.
Ada empat mata pelajaran yang diujicobakan yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan dari masing-masing jurusan.

Suasana pelaksanaan tryout paper test, di SMAN 4 Kendari, Kamis (2/2).

Ketua Panitia Pelaksanaan Tryout SMAN 4 Kendari Suradin Daaba, mengatakan bahwa, salah satu tujuan pelaksanaan tryout ujian nasional (UN) pertama ini yaitu untuk melihat dan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan guru dan juga sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran yang telah diberikan.
“Untuk anak jurusan IPA, mereka harus memilih salah satu mata pelajaran IPA yang akan diujiankan, apakah itu Fisika, Biologi maupun Kimia. Jadi, anak-anak sudah diarahkan ke pilihannya masing-masing,” ucapnya.
Katanya, untuk lebih bagusnya siswa memilih mata pelajaran pilihan sesuai dengan jurusan yang akan dipilih di Perguruan Tinggi (PT) nanti.
Mata pelajaran Biologi menjadi mapel paling diminati anak jurusan IPA, lalu untuk Jurusan IPS, anak-anak lebih senang ke mata pelajaran Sosiologi, sedangkan mata pelajaran Bahasa cenderung ke Antropologi.
Lanjut Suradin Daaba, siswa memilih sesuai dengan pilihannya masing-masing dan tidak ada arahan dari guru.
Dia mengatakan, hasil ujian tryout akan dianalisa, mata pelajaran apa saja kelemahan siswa. “Bila masih kurang memuaskan, akan ditindaklanjuti ke mata pelajaran tambahan oleh masing-masing guru mapel,” ucapnya.
Dia berharap melalui ujian tryout pertama ini sekolah memiliki gambaran, seberapa jauh kemampuan siswa dalam menghadapai Ujian Nasional (UN) serta siswa akan tahu sudah sampai dimana pengetahuannya tentang mapel yang diberikan.
“Dengan pelaksanaan try out ini, lebih memacu anak-anak untuk lebih giat belajar dan lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian yang sebenanya pada April nanti,” pungkasnya. (p11/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top