Diduga Bandar, Pria Bertato Diamankan Polisi – Fajar Sultra
News

Diduga Bandar, Pria Bertato Diamankan Polisi

KENDARI – Jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Sultra mengamankan seorang lelaki berumur 46 tahun asal Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. Lelaki tersebut diketahui bernama Rudiawan Suhandi alias Ibon selaku salah satu bandar narkoba asal Kendari.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh kepada Rakyat Sultra membenarkan penangkapan terhadap terduga sebagai bandar narkoba di wilayah hukum Kota Kendari.

Barang bukti yang diamankan aparat Subdit III Dit Res Narkoba Polda Sultra, dari salah satu pelaku tindak pidana narkoba di Kota Kendari.

“Pelaku adalah sub bandar narkoba di Kendari, dia itu menjual narkoba jenis sabu dari para pengedar narkoba asal Makasar. Jadi barang haram yang dijual itu berasal dari Makasar,” katanya.

Menurut Dolfi, Rudiawan ditangkap di kediamannya di jalan Lasolo, Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat pada Jumat 3 Februari 2017 sekitar pukul 14.15 Wita.

Rudiawan Suhandi alias Ibon selaku salah satu bandar narkoba asal Kendari.

Rudiawan Suhandi alias Ibon selaku salah satu bandar narkoba asal Kendari.

Dikatakannya, penangkapan terhadap pelaku bermula saat anggota polisi mendapat info dari masyarakat bahwa di rumah seorang lelaki bertato sering melakukan transaksi dan menjual narkoba.

Anggota langsung melakukan pengecakan kebenaran informasi tersebut. Saat tersangka berada di rumah kemudian aparat kepolisian melakukan penggerbekan.

“Proses penangkapan dipimpin langsung oleh Kasubdit III (Tiga) Dit Res Narkoba Polda Sultra AKBP Laode Kadimu dan bersama anggotanya. Penangkapan berlangsung dengan kehati-hatian karena dirumah pelaku terpasang CCTV baik dibagian depan maupun belakang,” tuturnya.

Selain itu Anggota Yang melakukan penangkapan semakin meningkatkan kewaspadaan berhubung sesui dengan informasi dari masyarakat, pelaku menguasai sejumlah senjata tajam diantaranya senjata api rakitan jenis air sofgan, senapan angin, dan sejumlah samurai.

Lanjut Dolfi, Saat semua sudut-sudut rumah milik pelaku diamankan, aparat langsung melakukan penggerebekan dengan mendobrak masuk dalam rumah. Alhasil pelaku ditemukan saat hendak memisahkan narkoba dari bungkusan besar ke bungkusan kecil. Bungkusan kecil tersebutlah yang hendak dijual atau akan diedarkan oleh pelaku.

“Saat penangkapan dan penggerebekan dirumah pelaku, aparat juga sudah dipersenjatai dan sudah membagi tugas dengan baik,” ujarnya.

Dari hasil penggerebekan Aparat menyita sejumlah barang bukti diantaranya adalalah dua paket shabu berat bruto 12, 7 gram, satu buah timbangan digital, Satu buah calculator, Tukuh unit hp, sepuluj lembar slep setoran, satu buah buku catatan penjualan shabu, uang tunai Rp.8.970.000., emat buah bong, Dua buah layar monitor cctv, Dua buah camera cctv, satu buah resiver cctv.

Selain itu Polisi juga mengamankan barang bukti berbahaya lainnya diantaranya Tiga buah peluruh chis, satu buah senjata air sofgan, Satu dos peluh air Sofghan, 254 lbr saset plastik, Dua senapan angin, Dua buah sangkur, Tiga buah samurai, Tiga buah pisau samurai, Tiga pucuk badik, Empat pucuk golok dan Satu kaleng mi winnimgas.

Tambah Dolfi, pelaku sudah lama menjadi incaran Kepolisian dan Sekarang pelaku sudah berhasil diamankan.

“Untuk pelaku sendiri saat ini sementara diamankan di Rutan Polda Sultra guna dimintai keterangan atau dilakukan penyelidikan serta pengembangan lebih lanjut untuk mengungkap alur atau jaringan pelaku lainnya,” pungkasnya.

Atas perbuatannya pria yang diketahui berperan sebagai Sub Bandar dan pengedar tersebut terancam dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 jo pasal 132 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009.

Sementara masih di hari yang sama Dit Res Narkoba Polda Sultra juga mengamankan seorang pemuda berinisial PDS alias TYO. Pria 20 tahun ini merupakan mahasiswa sala satu Perguruan Tinggi Negeri warga jalan Wayong Kelurahan Pondambea Kecamatan Kadia Kota Kendari.

“Pemuda ini ditangkap karena diduga berperan sebagai pengedar Narkotika jenis Tembakau Gorilla, diamankan Dit Res narkoba Polda Sultra, Jumat sekitar pukul 23.40 wita,” kata Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto.

Terhadap pelaku Aparat juga mengamankan barang bukti berupa delapan linting Narkotika jenis tembakau gorilla. Pelaku dan barang bukti saat ini telah diamankan di Polda Sultra guna pengembangan lebih lanjut.

“Tujuh lintang ditemukan dijalan beraspal yang tersimpan pada pembungkus rokok Sampoerna. Dibuang oleh pelaku untuk mengelabui petugas dan lalu ditemukan satu linting tembakau gorilla diamankan di kantong celana pelaku,” ungkapnya. (p2/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top