KM Manusela 03 Ditemukan, Semua ABK Selamat – FAJAR Sultra
News

KM Manusela 03 Ditemukan, Semua ABK Selamat

KENDARI – Kapal nelayan KM Manusela 03 yang hilang kontak di perairan Tuwutuwu Wakatobi, selama 16 hari akhirnya ditemukan, seluruh ABK bersama nahkoda berjumlah 11 orang dalam keadaan selamat.

Seorang tim SAR di atas KN SAR Pacitan memantau pencarian, sebelum upaya pencarian kapal nelayan resmi ditutup pada hari Jumat (3/2). Humas SAR Kendari for Rakyat Sultra.

Kabar baik itu diterima langsung pemilik kapal KM Manusela 03 H. Haenuddin, melalui sambungan telpon dari salah satu ABK bernama La Gani, tadi malam.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan informasi keberadaan 11 ABK telah terhubung dengan pemilik kapal.

Dalam sambungan telponnya, La Gani menceritakan, ia seluruh ABK dalam keadaan selamat, setelah kapal mereka diterjang gelombang laut.

Posisi kapal saat ini berada di perairan selatan pulau Ambon, atau tetapnya di pulau Nusa Laut, Tenggara, Maluku.

Menerima informasi itu, H Haenuddin langsung memberitahukan kepada seluruh keluarga korban, yang kebanyakan tinggal di pulau Binongko, Wakatobi.

“Haenuddin menceritakan kepada keluarga korban, seluruh awak kapal yang hilang kontak di perairan Tuwutuwu, semuanya selamat,” kata Dolfi.

Haenddin menceritakan, posisi para awak kapal terbagi. Lima ABK berada di rakit untuk mencari signal, sedangkan enam orang masih berada diatas kapal KM Manusela 03.

Kepala kantor SAR Kendari Muslimin melalui Humas Basarnas Kendari, juga membenarkan informasi telah ditemukannya nelayan yang hilang kontak, yang sudah dicari Tm SAR.

“Iya, posisi mereka berada di pulau nusa laut tenggara, Maluku. Kami sementara cek keberadaan mereka disana, dengan mengirimkan beberapa kapal untuk mencari lokasi mereka,” ungkapnya. (HRS)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top