Pasien BPJS Keluhkan Pelayanan Rumah Sakit – FAJAR Sultra
News

Pasien BPJS Keluhkan Pelayanan Rumah Sakit

LANGARA – Pelayanan di Rumah Sakit (RS) Bahteramas Sultra kembali menuai sorotan. Pasalnya, petugas administrasi rumah sakit tersebut terkesan mempersulit pasien, yang menggunakan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mandiri.

JB (inisial), pasien asal kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sabtu (4/2) mengaku sangat kecewa atas pelayanan petugas RSUD Bahteramas yang mempersulit dirinya, hanya karena persoalan dalam surat rujukan itu tertulis kontrol bukan diagnosa penyakit.

“Saya disuruh pulang kembali ke Lampeapi kecamatan Wawonii Tengah, karena katanya rujukan saya salah, karena tertulis kontrol. Semestinya harus ada nama penyakit. Kasian kita ini yang sudah jauh-jauh berobat ke RS Bahteramas, tiba di rumah sakit akhirnya terhambat,” keluhnya.

Kalau hanya persoalan tulisan kontrol pada surat rujukan menurut JB, seharusnya tidak menjadi kendala pada pelayanan pasien, apalagi dirinya merupakan pasien lama di rumah sakit bertaraf nasional itu.

“Katanya kalau tidak ditulis nama penyakit di surat rujukan, BPJS tidak mau bayar mereka (RSUD Bahteramas). Tapi kalau hanya yang begitu, saya dipersulit. Saya ini pasien lama pasti penyakit saya sudah ditahu dokter. Saya datang di sini mau berobat bukan datang untuk dipersulit,” katanya.

Ia berharap Pemprov Sultra mengevaluasi kinerja para petugas RSUD Bahteramas, guna perbaikan pelayanan kesehatan di Ibu Kota Sultra itu.

“Mudah-mudahan Gubernur mengevaluasi direktur Rumah sakit, supaya pelayanan kesehatan bisa berjalan baik,” harapnya.

Ditempat yang sama saat dikonfirmasi salah seorang staf RSUD Bahteramas, Udin membenarkan tentang penolakan rujukan pasien dari Konkep itu.

“Kita tolak, karena di surat rujukannya itu hanya tertulis kontrol, seharusnya tertulis nama penyakit. Kalau kita terima pasien itu, rumah sakit tidak dibayar oleh BPJS, karena tidak ada nama penyakit pasien. Dan itu sudah menjadi pemberitahuan BPJS, jangan salahkan kami. Silakan salahkan BPJS yang mengeluarkan aturan seperti itu,” singkatnya. (cr1/b/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top