Sarana Pendidikan di Bombana Memprihatinkan – FAJAR Sultra
News

Sarana Pendidikan di Bombana Memprihatinkan

RUMBIA – Sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Bombana sangat memprihatinkan. Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bombana, H Nuhung.

H Nuhung

Belum lama dilantik sebagai Kadis, H Nuhung meninjau lokasi-lokasi sekolah yang berada di pedesaan, dari 120 sekolah baik itu tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) sarana prasarana di sekolah itu masih buruk.

“Terhitung 10 hari kerja saya sebagai Kadis saya langsung terjun di lapangan untuk meninjau sekolah-sekolah yang ada di pedesaan. Alhasil masih banyak sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang kurang memadai,” kata H Nuhung diruang kerjanya belum lama ini.

Dikatakanya, bagaimana mau meningkatkan kualitas didik kalau sarana prasarana tidak memadai. Jika dikaitkan dengan jaminan mutu pendidikan dengan sarana yang ada sekarang ini hal yang mustahil untuk mendapatkan jaminan mutu yang siknifikan.

Sarana pendidikan merupakan segala macam alat yang digunakan secara langsung dalam proses pendidikan. Sementara prasarana pendidikan adalah segala macam alat yang tidak secara langsung digunakan dalam proses pendidikan

“Masih banyak pemandangan sekolah yang membuat siswa itu jenuh, seperti tidak adanya plafon di dalam kelas, lantai kelas yang tidak memiliki kramik bahkan tidak terplur,” tuturnya.

Mantan Kepala Kesbangpol Bombana ini juga mengungkapkan, dari 130 sekolah yang dikunjunginya 70 persen masih kekurangan sarana prasarana.

“Kedepanya ini, saya akan fokus kepada sarana dan prasarana sekolah dengan memaksimalkan anggaran yang ada. Untuk meningkatkan mutu pendidikan tidak terlepas dari penunjang sarana dan prasarana,” ujar H Nuhung.

Ditambahkanya pula, tidak hanya sarana dan prasarana yang tidak baik disetiap sekolah, namun masih banyak kompetensi guru yang belum tertata sesuai mekanisme.

“Kedepanya ini saya akan pikirkan bagaimana melaraskan kompetensi guru dan mengadakan sarana dan prasarana sekolah yang cukup memadai,” tutupnya. (HRS)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top