Bupati Bangun Terminal Untuk Aktifkan Pasar Palangga – Fajar Sultra
News

Bupati Bangun Terminal Untuk Aktifkan Pasar Palangga

MARWAN/BKK
Surunuddin Dangga

ANDOOLO, BKK- Terbengkalainya Pasar Sentral Pallangga cukup memusingkan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan. Namun bagaimana pun caranya, pasar yang sudah dibangun dengan miliaran rupiah uang rakyat itu harus bisa berfungsi.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga pun punya ide untuk membangun terminal angkutan umum tipe B. Harapannya, aktivitas terminal itu akan menghidupkan kegiatan ekonomi di sekitarnya, terutama Pasar Sentral Pallangga.

“Kita upayakan akan membuat terminal agar di situ bisa menjadi sentral ekonomi. Kan dengan sendirinya pedagang akan mendekat dan pada akhirnya Pasar Sentral Pallangga yang lagi kosong itu bisa difungsikan kembali oleh para pedagang,” paparnya.

Saat ini, pemerintah tengah bernegosiasi dengan pemilik lahan yang menjadi tempat lokasi persiapan terminal. “Mudah-mudahan tanah di situ bisa dilepas pemilik lahan untuk dijual. Lebih baik kita beli lahan yang paling menghabiskan Rp 500 juta, dari pada tanah gratis dan membangun pasar miliaran rupiah baru tidak difungsikan,” terangnya.

Meski demikian, Surunuddin mengakui butuh waktu yang panjang untuk benar-benar mengoptimalkan Pasar Sentral Pallangga. Pasalnya, masih banyak fasilitas penunjang yang belum terbangun, dan itu pula menjadi alasan pedagang enggan menempati pasar yang selesai dibangun sejak 2015 itu.

“Untuk sementara, sudah ada jalan masuk ke pasar yang dibuat dengan menggunakan semen. Dan untuk jalan lainnya kita lagi upayakan,” imbuhnya.

Bupati menambahkan, dalam membangun fasilitas, pemerintah akan membuatkan skala prioritas agar tidak menghambur uang negara. (cr13/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top