Camat Mowewe Ingin Bangun Taman Kuliner – FAJAR Sultra
News

Camat Mowewe Ingin Bangun Taman Kuliner

ok-koltim-bukit-wisata-mowewe

RAHIM/BKK
LOKASI PERSIAPAN. Pebukitan yang menengahi pertigaan di jalan poros Kendari – Kolaka dipersiapkan sebagai lahan Taman Wisata Kuliner Mowewe.

TIRAWUTA, BKK- Hasrat untuk mengoptimalkan potensi wisata mendorong Pemerintah Kecamatan Mowewe untuk membangun ikon wisata sendiri. Jika tidak ada rintangan, di Mowewe nantinya akan dibangun Taman Wisata Kuliner.

Taman ini sendiri akan dibangun di jalan poros Kendari – Kolaka, tepatnya di pertigaan Kecamatan Mowewe, beberapa kilometer sebelum memasuki perbatasan Kabupaten Kolaka. Di pertigaan itu memang terdapat bukit kecil dengan puncak yang cukup rata. Di bagian puncaknya inilah akan dibangun taman tersebut.

Camat Mowewe, Wasiruddin S Sos menjelaskan, Taman Wisata Kuliner ini tak hanya dirancang sebagai tempat kongkow masyarakat Mowewe sendiri, namun juga menjadi tempat peristirahatan bagi pengguna jalur poros tersebut. “Kita sudah hitung, bisa memuat sampai 25 rumah makan. Sisanya akan dibangun fasilitas taman dan lainnya,” kata Wasiruddin.

Untuk membangun taman tersebut, biaya yang dibutuhkan diperkirakan mencapai Rp 1,2 miliar. Itu juga sudah termasuk pembangunan talud serta gapura selamat datang di Kecamatan Mowewe.

Wasiruddin pun mengaku sudah menyampaikan programnya itu kepada Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah. “Iya, sudah disetujui oleh Pak Bupati. Anggarannya sudah bisa dimasukkan di perubahan. Jadi kita sudah bisa bangun tahun ini,” katanya.

Dia berharap, Taman Wisata Kuliner tersebut akan menjadi pintu masuk untuk semakin memperkenalkan Mowewe. Pasalnya, selama ini Mowewe hanya dikenal sebagai kampungnya gadis-gadis berparas cantik.

“Mowewe punya banyak potensi, termasuk pariwisata,” katanya. (cr8/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top