Konawe Timur Paling Berpeluang mekar–Klaim Ketua DPRD Konsel – Fajar Sultra
News

Konawe Timur Paling Berpeluang mekar–Klaim Ketua DPRD Konsel

KOLAKAPOS, Andoolo–Usulan pemekaran daerah masih dalam tahap penyesuaian dokumen dengan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait penataan daerah. Ketua DPRD Konawe Selatan, Irham Kalenggo mengatakan RPP tersebut memang belum ditetapkan, namun itulah nanti yang akan mengatur terkait pemekaran daerah.

Meski demikian, ia menyebut dari enam Daerah Otonomi Baru yang diusulkan ke pemerintah pusat, Konawe Timur (Kotim) sudah melengkapi sebagian besar berkas yang diperlukan. “Terkait dokumen pemekaran Kotim itu sudah lengkap, tinggal menyempurnakan dokumen yang dibutuhkan terkait adanya RPP tersebut,” jelasnya.

Untuk kelangkapan administrasi, lanjut dia sudah mencapai 90 persen. Artinya kalau sudah proses pembahasan di senayan, ia yakin peluang untuk lolos besar sekali. “Kita optimis karena enam Kabupaten Kota yang diusulkan termasuk Provinsi, bisa saya katakan sudah kita (Kotim) yang paling memenuhi syarat, dari segi wilayah, jumlah penduduk, potensi ekonomi dan lain-lain,” optimisnya.

Irham yang juga salah satu penggagas pemekaran Konawe Timur ini menambahkan, Kotim juga memiliki keunggulan lain dibanding DOB usulan lainnya yakni, sudah beberapa kali mendapat kunjungan dari DPD dan DPR RI. “Harapan kita 2017 sudah mekar, proses bukan kita yang menentukan tapi pusat. Namun sesuai informasi yang dihimpun pertengahan tahun ini sudah akan dibahas, jika sudah proses itu insyaallah kita sudah inklud didalamnya,” tuntasnya. (k5/c)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top