OJK Fokus Optimalkan Peran IJK – FAJAR Sultra
News

OJK Fokus Optimalkan Peran IJK

KENDARI – Untuk memajukan perekonomian suatu daerah, peran pihak-pihak terkait sangat menentukan. Termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, selaku lembaga yang memiliki fungsi mengawasi Industri Jasa Keuangan (IJK) dan Industri Keuangan NonBank. OJK memiliki peran yang sangat strategis dalam menstabilkan perekonomian.

Widodo

Karena itu, di 2017 ini, salah satu fokus OJK adalah mendorong IJK dan IKNB agar lebih berkontibusi meningkatkan perekonomian Sultra dengan memperhatikan ketahanan perekonomian. “Tentunya, dibutuhkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini pemerintah, BI, IJK, Stakeholder dan berbagai pihak yang terkait untuk mengoptimalkan dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Sultra,” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Widodo, yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/2).

Salah satu bentuk mengoptimalkan peran industri keuangan dengan dinaikannya pertumbuhan kredit baik secara nasional maupun daerah. Jika pertumbuhan kredit secara nasional dipatok 9-12 persen, maka pihaknya juga mengambil angka yang sama untuk pertumbuhan kredit di Sultra. Dengan angka ini, tentunya dibutuhkan kerja keras perbankan daerah. “Kami juga akan lebih mengoptimalkan dan menyempurnakan penyaluran KUR untuk sektor-sektor produktif yang lebih strategis,” ujarnya.

Selain itu, untuk mempelancar akses keuangan daerah khususnya bagi UMKM pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membentuk TPAKD di daerah-daerah di Sultra. Fokus kerja ini, diharapkan pihaknya dapat terlaksana sesuai rencana kerja di tahun 2017 melalui kerja sama dengan pihak-pihak terkait. “Kami berharap kerja sama yang sudah terbangun baik dengan pemerintah, stakeholder dan berbagai pihak terkait bisa lebih dioptimalkan yang diwujudkan secara ril dan nyata yang dilaksanakan bukan hanya sebatas konsep diatas kertas,” tandasnya.

Berbagai rencana kerja OJK Sultra, secara lengkap akan dipaparkan hari ini, Selasa (7/2) di Grand Clarion Hotel Kendari, pukul 19:00 Wita dengan mengundang 300 orang. Dijadwalkan kegiatan Financial Executive Gathering (FEG) 2017 akan dibuka Gubernur Sultra, Nur Alam dan dihadiri Ketua DPRD Prov Sultra, Abdurrahman Shaleh serta berbagai pihak terkait. (m5/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top