Pesilat SKO Bertarung di “Matras” Pasir – Fajar Sultra
News

Pesilat SKO Bertarung di “Matras” Pasir

*Kejuaraan Silat Pelajar di Jakarta

KENDARI – Sebanyak 16 orang pesilat Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Sultra, bakal bertarung di Kejuaran Nasional (Kejurnas) pencak Silat Pesisir Perguruan Perisai Putih di Jakarta. Pelatih dan atlet mulai merubah strategi latihan. Kabarnya, pada kejuaraan yang bakal digelar 17 Ferbruari mendatang, arena pertandingan akan mengambil lokasi di Pantai Ancol yang berpasir.

Kejurnas silat pesisir Perisai Putih di Jakarta, bakal menggunakan pasir sebagai arena. Dipastikan, atlet Sultra akan menghabiskan banyak tenaga untuk menang maksimal.

Biasanya, pertandingan silat pada umumnya digelar diatas matras berbahan dasar karet. Namun, kali ini akan dilaksanakan di atas arena pasir sebagai pengganti matras. Sehingga, dipastikan akan memakan banyak tenaga para atlet. Sebab, tenaga yang dibutuhkan saat bertarung diatas matras dan pasir, berbeda jauh.

“Iya, kita rubah strategi latihan, latihan atlet tidak akan fokus pada putaran dan sapuan, karena dua gerakan ini hanya cocok di atas matras dan makan tenaga jika diatas pasir,” kata pelatih silat tim SKO Sultra, Adam Malik, Senin (6/2).

Dikatakannya pula, sejauh ini, kesiapan atlet menuju ajang ini sudah maksimal. Sejumlah atlet andalan sudah disiapkan. Sejauh ini, tim SKO memiliki enam hingga tujuh orang atlet andalan yang akan diturunkan. Keenamnya, sudah disiapkan pelatih sejak beberapa bulan untuk menuju kejuaraan ini.

“Untuk yang lainnya, mereka akan kita bawa sebagai ajang belajar dan melihat bagaimana kejuaraan tingkat nasional, ini akan berguna bagi mereka ketika kembali ke Sultra,” kata Adam Malik.

Pihaknya menaruh harapan besar kepada Kepala Sekolah SKO, Aslan SPd MPd agar mengizinkan atlet berangkat. Sebab, sejumlah atlet sudah menyiapkan diri untuk kejuaraan ini.(r5/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top