Pimpinan OPD Dilarang Keluar Daerah – Fajar Sultra
News

Pimpinan OPD Dilarang Keluar Daerah

WANGGUDU – Seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Konawe Utara dilarang melakukan perjalan ke luar daerah selama pemeriksaan LKPD Tahun 2016 oleh BPK RI perwakilan Sultra. Larangan itu disampaikan oleh bupati melalui Sekda Konut, dr Martaya.

Menurut Martaya, pelarangan ke luar daerah ini dilakukan agar proses pemeriksaan BPK berjalan lancar. Sehingga jika ada hambatan, para pimpinan bisa langsung berurusan tanpa harus dicari.

“Saya minta pimpinan OPD tidak keluar daerah dulu. Nanti setelah selesai pemeriksaan baru keluar daerah. Ini agar pemeriksaan berjalan lancar saja. Jadi kalau memang ada yang mau keluar, keluar memang sebelum masuk pemeriksaan,” katanya.

Mantan Kadis Kesehatan Konawe Utara ini mengatakan, di Tahun 2017 ini, pemkab Konawe Utara menargetkan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI. Target tersebut menjadi harga mati sehingga semua OPD harus berbuat maksimal dalam mempersiapkan laporan keuangan.

Semua kewajiban keuangan seperti tunggakan pajak yang masih ada diminta diselesaikan. Sisa UP yang masih ada dan tidak terpakai dikembalikan. Begitu juga pengembalian-pengembalian uang negara akibat kelalaian dan pelanggaran peraturan per Undang-Undangan.

“Pak bupati menginginkan tahun ini kita bisa meraih opini WTP. Jadi bagi OPD yang berkontribusi tidak tercapainya target ini siap saja akan diberikan sanksi,” tegasnya.

Pada usia ke 10 tahun, Pemkab Konut dalam pengelolaan keuangannya baru sekali keluar dari Disclaimer. Pada pengelolaan keuangan Tahun 2014, dibawah pemerintahan Aswad Sulaiman, Konut berhasil meraih Wajar dengan Pengecualian (WdP).

Di Tahun 2016 untuk pengelolaan keuangan Ta 2015, prestasi Konut turun tanpa mendapat opini. Pemkab Konut mendapat penilaian Opini Tanpa Wajar (OTW) berada diantara disclaimer dengan WdP.

“Persoalan OTW persoalan karena adanya pelanggaran di OPD. Masalah WDP saya bisa garansi. Hanya untuk WTP, harus kita bekerja bersama-sama dengan bekerja baik,” ucap Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu. (hdi/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top