PLN Tambah Jaringan Listrik di Oheo – FAJAR Sultra
News

PLN Tambah Jaringan Listrik di Oheo

WANGGUDU, BKK- PLN terus berupaya agar semakin banyak masyarakat Kabupaten Konawe Utara (Konut) menikmati listrik. Tahun ini, PLN kembali membangun bentangan kabel jaringan di Kecamatan Oheo.

Kepala PLN Konut, Jonathan Mose mengatakan, penambahan jaringan listrik di Konut tahun ini hanya menjangkau Desa Paka Indah, Kecamatan Oheo. Bentangan kabel sepanjang belasan kilometer itu disambung dari Desa Linomoiyo.

“Baru sampai di situ dulu. Sekarang sementara pemasangan tiang jaringan. Itu pun masih kekurangan. Masih menunggu tambahan tiang lagi,” ungkap Jonathan.

Proyek pemasangan jaringan ini ditargetkan tuntas pada tahun ini agar masyarakat sudah bisa menggunakan listrik di tahun ini juga. Dari Desa Paka Indah, masih terdapat tiga kecamatan yang membutuhkan jaringan listrik, yaitu Landawe, Langgikima dan Wiwirano.

Masyarakat di tiga kecamatan ini masih mengandalkan listrik desa. Tidak seperti di wilayah lain, listrik desa yang diantaranya bersumber dari genset ini hanya beroperasi pada malam hari.

Pihak PLN Konut sendiri sudah mengajukan usulan ke PLN pusat untuk pengadaan jaringan listrik baru pada kecamatan yang belum tersentuh listrik. Namun belum semuanya bisa terealisasi karena masalah anggaran.

“Kita sudah lakukan survei ke wilayah-wilayah yang belum ada jaringan listriknya. Memang jaraknya terlalu jauh dari pembangkit, tapi semuanya layak dibangunkan jaringan. Hasilnya sudah kita usulkan. Tapi tahun ini baru segitu yang dikasi oleh pusat, ” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan penambahan kuota jaringan listrik ini merupakan andil dari DPRD setempat. Wakil Ketua II, I Made Tarubuana mengaku pernah bersama-sama dua rekannya dari unsur pimpinan berkonsultasi di kantor PLN Makasar untuk persoalan listrik ini. Bahkan sampai Kementerian ESDM Republik Indonesia.

“PLN mengatakan tetap akan terjangkau semuanya. Semua akan mendapatkan. Tapi untuk sekarang ini belum bisa terealisasi. Kita juga ke Kementerian ESDM karena ada info PLN menolak dana APBN. Tapi ternyata ESDM sudah tidak ada kewenangan terkait listrik. Sudah diambil alih sepenuhnya oleh PLN,” kata Made. (cr12/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top