Supaya Tetap Sasaran, Distribusi C6 Perlu Diawasi   – Fajar Sultra
News

Supaya Tetap Sasaran, Distribusi C6 Perlu Diawasi  

KENDARI – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah mulai mendistribusikan surat pemberitahuan memilih atau C6, kepada warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), Senin (6/2).

Distribusi C6 yang akan berlangsung sampai 12 Februari 2017 akan diawasi oleh tim pemenangan pasangan calon (paslon) dan pengawas TPS.

Anggota KPU Kendari Zainal Abidin mengungkapkan pengawasan penyaluran C6 oleh tim pemenangan paslon dan pengawas TPS untuk memastikan supaya pemberian formulir benar-benar tepat sasaran.

“Kita mau membangun kepercayaan semua pihak terhadap penyelenggara. Sehingga kita tidak mau lagi ada kesan bahwa C6 diberikan kepada yang tidak berhak,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Senin (6/2).

Saat ini, katanya, KPU Kendari sudah berkoordinasi dengan pasangan calon dan Panwaslu Kendari agar personel mereka mengawasi penyaluran formulir C6 supaya tepat sasaran.

Baginya pengawasan seperti itu penting dilakukan supaya tidak ada lagi kecurigaan yang mengarah kepada KPU Kendari.

Zainal mengungkapkan C6 yang didesain KPU Kendari sudah tercetak secara otomatis dengan memuat nama pemilih, alamat pemilih, dan nomor induk kependudukan (NIK). Sehingga petugas KPPS tidak perlu repot menulis identitas pemilih, tetapi tinggal menandatangani formulir C6.

Petugas KPPS, katanya, tidak akan lagi menyalurkan C6 pada 13 Februari. Olehnya itu bagi warga yang terdaftar dalam DPT namun belum mendapatkan formulir C6, silakan berkoordinasi dengan Ketua KPPS dengan cara memperlihatkan kartu tanda penduduk.

Setelah tidak lagi menyalurkan C6, KPPS akan merekapitulasi formulir C6 yang tidak terdistribusi. Selanjutnya hasil rekapitulasi tersebut disampaikan KPPS kepada PPS PADA 14 Februari 2017.

“Jadi kalau ada warga yang belum dapat C6 sampai 14 Februari silakan menghubungi PPS,” pungkasnya. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top