40 Jam Bertahan di Atas Pelampung, 5 Orang Nelayan Selamat – Fajar Sultra
News

40 Jam Bertahan di Atas Pelampung, 5 Orang Nelayan Selamat

KENDARIPOS.CO.ID WANGIWANGI- Perjuangan nelayan Wakatobi bertahan hidup luar biasa. Lima ABK KM Manusela 02 yang mencari bantuan telah berhasil ditemukan di Perairan Nusawine, Maluku. Selama 40 jam mereka terombang-ambing di atas pelampung (gabus kecil yang hanya bisa memuat 1 orang berbaring). Lima nelayan itu yakni La Gani (49), Hardin (19), Januli (18), La Bobi (18) dan Sariono (18).

La Gani Cs memutuskan mencari bantuan dengan menggunakan pelampung saat kapalnya berada pada posisi 20 mil dari Maluku Tengah, Minggu (5/2) sekira pukul 15.00 Wita. Bermodalkan pelampung itu, lima ABK KM Manusela 02 mencari jaringan telepon selular dan menelepon mengabarkan posisi mereka. Saat bantuan datang dan menemukan KM Manusela 02, ternyata La Gani Cs belum berhasil kembali ke kapalnya.

Lima ABK itu terombang-ambil di atas pelampung. Mereka terseret arus hingga ke perairan Nusaniwe. Mereka ditemukan oleh nelayan setempat sekira pukul 07.00 Wita, Selasa (7/2). Selama 40 jam lima ABK ini bertahan di atas pelampung kecil. Setelah mengetahui keberadaan mereka, tim Polair Ambon langsung menuju lokasi dan mengevakuasi mereka. Lima ABK ini dibawa ke Ambon.

IMG_0118

H. Buruddin, paman La Gani menjelaskan, penemuan lima ABK KM Manusela 02 ini diketahuinya melalui pemilik kapal (Haenuddin). “Jadi kelima orang di atas rakit ini meminta bantuan nelayan lokal untuk menghubungi pemilik kapal. Pemilik kapal dibantu Polair Ambon akhirnya menuju lokasi dan segera mengevakuasi para korban,” ujarnya.
Evakuasi korban berhasil dilakukan dan tiba di Ambon sekira pukul 13.30 Wita. Lima nelayan ini hanya beristirahat sejenak di Ambon lalu mereka dibawa ke Masohi bersama pemilik kapal dengan menggunakan kapal penumpang Tulewu. “Kalau infonya kira-kira pukul 17.00 sudah di Masohi. Mereka akan menginap di kediaman pemilik kapal,” bebernya.

Hingga saat ini belum ada kepastian terkait kapan 11 nelayan ini dipulangkan ke Binongko. Kondisi semua korban dalam keadaan sehat dan selamat. Keluarga korban pun sangat bersyukur dengan ditemukannya seluruh ABK KM Manusela 02 ini. (thy/b)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top