ADD Koltim Capai Rp140 Miliar – FAJAR Sultra
News

ADD Koltim Capai Rp140 Miliar

TIRAWUTA – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah mulai galakkan proses pembangunan dari desa. Hal tersebut bakal terwujud dengan besarnya gelontoran dana desa dan dana alokasi desa (ADD) yang secara keseluruhan mencapai 140 miliar.

Bupati Koltim Tony Herbiansyah saat blusukan ke desa-desa.

Bupati pun menghimbau penggunaan dana desa seluruh Kades harus mampu memanfaatkan penggunaan dana desa. Berdasarkan angka, tahun ini Koltim mendapatkan gelontoran dana desa sebesar Rp91 miliar dan Rp49 miliar untuk dana alokasi desa.

Sayanyanya, Ketua Nasdem Sultra itu tidak membeberkan rinci, apakah tahun ini mengalami peningkatan terhadap dana desa bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun yang jelas katanya, untuk mewujudkan janji-janjinya Kades saat kampanye pada saat menjalankan tugas nanti, saat ini telah didukung dengan tersedianya anggaran setiap desa. Baik itu yang bersumber dari Pusat, Provinsi hingga tingkat kabupaten. “Sekarang dapat diwujudkan. Jadi, tidak ada lagi pembangunan akan terhenti di desa,” katanya.

Untuk itu katanya, semoga dengan adanya dana desa tersebut, bisa meningkatkan pembangunan diwilayahnya masing-masing, sehingga tercapailah kesejahteraan masyarakat setempat dengan mengoptimalkan seluruh stokholder yang ada. Khususnya pada tingkat kabupaten.

Sementara itu, Kades Lalingato Kecamatan Tirawuta, Ramadhan belum lama ini mengatakan, dari total anggaran dana desa yang ada, pihaknya tahun ini mencapai sekitar Rp, 377 Juta rupiah katanya. Jumlah itu akan di gunakan untuk tunjangan, Operasional kantor termasuk fisik maupun lainnya. Sedangkan Dana Desa katanya, kurang lebih sekitar enam ratus juta rupiah. “Jumlah itu, 60 persen untuk fisik, 40 persen untuk pemberdayaan,” tutupnya. (cr2/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top