Pemkot Bentuk Desk Pilkada – FAJAR Sultra
News

Pemkot Bentuk Desk Pilkada

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari membentuk Dukungan Elemen Satuan Kinerja (Desk) Pilkada untuk mensinergikan program pemerintah dengan pihak terkait dalam pilkada yang akan digelar pertengahan Februari, khususnya untuk tetap menjaga keamanan dan stabilitas daerah.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Kota Kendari, Dr Alamsyah Lotunani SE MSi, bahkan menurutnya desk pilkada memiliki peran substansi untuk meningkatkan peran pemerintah, dalam menyukseskan Pilkada dan melakukan pemantauan kelancaran pilkada.

“Anggota forum ini terdiri dari Kajari, kapolres, Dandim, dan beberapa instansi terkait, dimana memiliki tugas untuk melakukan pemantauan, dan melihat kecenderungan jika ada persoalan, lalu bagaimana kemudian menyelesaikan secara cepat sesuai dengan peraturan yang ada,” ucapnya.

Dia menerangkan, sesuai dengan pengalaman sebelumnya, pilkada yang digelar selama ini di Kota Kendari selalu berjalan aman dan damai. Ditambah lagi pilkada sebelumnya, KPU juga mendapat predikat terbaik.

“Pilkada yang lalu itu bersamaan dengan kegiatan keagamaan namun tetap berjalan dengan baik, dan semoga ini tetap dipertahanakan saat ini,” harapnya.

Sehingga tambahnya, tugas saat ini, bagaimana agar tetap meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu karena makin tinggi partispasi makin baik hasilnya.

“Kalau partisipasi tinggi berarti demokrasi juga bagus,” singkatnya.

Dia juga mengatakan salah satu esensi peran desk pilkada adalah membantu tugas Pemilukada. Baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan instansi terkait lainnya seperti pendistribusian logistik, antisipasi bencana alam dan menyikapi permasalahan Pemilukada di daerah terisolir. Intinya, bagaimana menciptakan suasana yang kondusif dalam ajang pesta demokrasi.

“Desk pilkada ini juga berfungsi untuk mendeteksi secara dini apabila ada TPS yang berpotensi rawan,”ujarnya. (hrs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top