Pemotongan Gaji Guru Akan Dipertanyakan – FAJAR Sultra
News

Pemotongan Gaji Guru Akan Dipertanyakan

1-Anggota-Komisi-I-Tumaruddin-SSi-1024x799

KENDARI – Banyaknya aspirasi dari para guru tingkat SMA/SMK di beberapa kabupaten kota di Sultra, khususnya menyangkut masalah pemotongan gaji Rp 100.000 per orang, mendapat perhatian khusus dari anggota DPRD Sultra.

Anggota Komisi I DPRD Sultra Tumaruddin

Pasalnya, pemotongan tersebut dilakukan tanpa penjelasan detail dan sosialisasi yang kurang, dikalangan para guru bersangkutan.

“Dari beberapa daerah reses yang saya lakukan, rata-rata para guru mengeluhkan soal pemotongan gaji sebesar Rp 100.000 per orang, dengan dalih untuk pembangunan koperasi. Sementara, sosialisasinya sama sekali belum pernah dilakukan,” terang Anggota Komisi I DPRD Sultra, Tumaruddin, Selasa (7/2).

Tumaruddin mengakui, kalau infomasi pemotongan gaji Rp 100.000 tersebut, hingga kini belum pernah didengarnya dalam setiap agenda pembahasan di DPRD Sultra.

“Bayangkan saja, kalau ditotalkan dari jumlah guru yang ada di Sultra berkisar 7.000 orang, dikalikan Rp 100.000 tentunya sudah berjumlah Rp 700.000.000. Bila di depositokan, tentunya jumlahnya sangat lumayan,” ungkapnya.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPRD Sultra, Yaudu Salam Ajo. Selaku komisi yang membidangi masalah pendidikan, pihaknya sudah pernah mendengar informasi adanya pemotongan tersebut. Hanya saja, pihaknya belum mengetahui, untuk apa pemotongan tersebut.

Sehingga, lanjut dia, untuk memperjelas maka pekan depan pihaknya akan meminta Kadiknas Sultra mengklarifikasi apakah pemotongan ini sudah disosialisasikan sebelumnya atau belum.

Selanjutnya, masih dia, kalaupun misalnya disosialisasikan sebelumnya, macetnya sosialsasi itu dimana, apakah ditingkatan kepala sekolah yang tidak sampai ketingkat bawah ataukan ada faktor-faktor teknis lainya.

“Kalau toh memang dasarnya tidak ada pemberitahuan sebelumnya, maka tidak boleh Diknas melakukan pemotongan begitu saja karena memotong haknya orang itu berbahaya,” tutup Yaudu dengan nada tegas.(p8/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top