Puluhan Drum Arak Diamankan – FAJAR Sultra
News

Puluhan Drum Arak Diamankan

Salah satu lokasi tempat pembuatan Miras ilegal jenis arak yang berhasil ditemukan aparat

BURANGA, BKK – Aparat penegak hukum kembali menggrebek tempat industri rumahan pembuat minuman keras (Miras) ilegal jenis arak di Kecamatan Bonegunu Kabupaten Buton Utata (Butur). Tak tanggung-tanggu 10 tempat berhasil diungkap aparat Polsek Bonegunu bersama Koramil Kulisusu, Senin (6/2).

Penemuan 10 industri rumahan itu diungkap aparat saat dilakukannya operasi cipta kondisi jelang pelaksanaan Pilkades serentak Maret 2017 mendatang di tiga desa berbeda. Satu tempat industri rumahan ditemukan di desa Ronta, satu tempat lainnya ditemukan di desa Waode Angkalo, dan delapan tempat di temukan di desa Bubu Barat.

Dari pengungkapan tersebut, aparat berhasil mengamankan puluhan drum bahan baku pembuat arak, bahan-bahan dan alat penyulingan, serta puluhan jergen miras siap edar.

Belum diketahui siapa para pemilik dari masing-masing tempat industri rumahan Miras ilegal tersebut. Pasalnya, saat aparat melakukan penggrebekan pada semua lokasi itu tidak seorangpun ditemukan. Meski demikian, kasus itu terus dalam penyelidikan aparat.

Kapolsek Bonegunu IPDA Sunarton SH yang memimpin langsung operasi itu mengatakan saat ini semua barang bukti kini sudah diamankan di kantor Polsek Bonegunu.

“Seluruh barang bukti saat ini sudah diamankan di Mapolsek Bonegunu. Sedang untuk masing-masing tempat penyulingan pemiliknya sampai saat ini masih diadakan penyelidikan berhubung pada saat diadakan penangkapan masingmasing tempat, masyarakat sekitarnya tidak ada yang bersedia memberikan keterangan,”kata Sunarton.

Pria yang baru beberapa bulan menduduki Kapolsek Bonegunu ini menjelaskan, dilakukannya operasi cipta kondisi dengan menyasar tempat-tempat produksi pembuatan miras karena aparat melihat salah satu penyebab gangguan Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkades serentak berawal dari miras.

Meskipun, terang Sunarton pihaknya punya keterbatasan fasilitas kendaraan, yakni dengan menyewa mobil operasional. Tapi tugas dan tanggung jawab untuk menciptakan daerah yang kondusif.
“Untuk itu, sedini mungkin kita lakukan langkah-langkah prefentif dalam menciptakan kondisi yang aman,”akunya.(cr10/lex)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top