Sertifikasi Penceramah untuk Semua Agama – Fajar Sultra
News

Sertifikasi Penceramah untuk Semua Agama

KENDARI – Isu pemerintah pusat yang bakal melakukan sertifikasi pada penceramah atau khatib, rupanya menarik perhatian Kepala Kantor Kanwil Kemenag Sultra Mohamad Ali Irfan. Pihaknya menyambut baik sertikasi tersebut jika diterapkan bagi seluruh agama.

Mohammad Ali Irfan

Menurutnya, sertifikasi penceramah akan memberikan dampak postif terhadap masyarakat. Hanya saja, penceramah tidak hanya dilakukan oleh umat muslim tetapi juga agama lainnya. Olehnya, dirinya berharap sertifikasi itu juga berlaku untuk semua penceramah di seluruh agama.

“Kami mengapresiasi pemerintah pusat untuk melakukan sertifikasi itu karena memang tujuan sertifikasi adalah untuk menciptakan kerukunan. Tapi kalau hanya diberlakukan untuk umat islam saya pikir itu mubah. Tapi kalau diberlakukan untuk semua agama itu sangat baik. Karena yang berceramah atau berpidato itu bukan hanya muslim tapi juga agama lainnya,” terangnya.

Sertifikasi dianggap penting, lanjut Irfan saat ini masih banyak ustaz yang instan dengan pengetahuan agama di bawah rata-rata. Sehingga dapat membingungkan masyarakat. Jika pihaknya sudah melakukan sertifikasi, maka ustaz maupun penyuluh agama akan mengenakan tandah penganal.

“Kalau sudah tersertifikasi, maka para penyuluh agama bisa mengenakan tanda pengenal supaya tidak membuat bingung masyarakat,” terangnya.

Dirinya juga berharap, seharusnya sertifikasi penyuluh agama atau khatib bisa memberikan kesejahteraan bagi para penyuluh. Pasalnya, saat ini para honorer penyuluh agama hanya mendapatkan gaji dalam setiap bulannya Rp 500 ribu.Padahal wilayah kerja penyuluh agama sangat luas.

“Semoga dengan sertifikasi itu dapat memberikan kesejahteraan honorer. Karena gaji honorer itu rendah sekali,” tutupnya. (m4/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top