Debat Terbuka Diprediksi Pengaruhi Perolehan Suara – FAJAR Sultra
News

Debat Terbuka Diprediksi Pengaruhi Perolehan Suara

LASUSUA – Debat terbuka Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara (Kolut), yang digelar di Gedung Juang Patampanua Kota Lasusua Selasa (7/2), dinilai akan membawa pengaruh besar terhadap perolehan suara masing-masing Paslon, di hari H Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kolut.

Prof DR Eka Suaib, saat memberikan keterangan pers di hadapan wartawan usai pelaksanaan debat terbuka Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kolut.

Salah seorang panelis/tim ahli dalam debat terbuka Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kolut, Prof DR Eka Suaib, menilai, debat terbuka yang berdurasi dua jam lebih tersebut, akan membawa pengaruh terhadap para pemilih yang belum menentukan pilihan, dan para pemilih yang masih ragu akan pilihannya, yang diyakininya masih sangat banyak jelang hari H pelaksanaan Pilkada seperti saat ini.

Menurutnya, masyarakat yang belum menentukan pilhan atau masih ragu dengan pilihannya ini, dapat dipengaruhi banyak faktor, “Mungkin karena belum kenal atau belum pernah mengikuti sosialisasi para Paslon, mungkin juga karena belum tahu gagasan-gagasan yang ditawarkan masing-masing Paslon,” terangnya.

Karenanya, lanjut Prof Eka, dengan telah dilaksanakannya debat terbuka ini, para pemilih sudah dapat mengenal lebih dekat figur masing-masing Paslon, serta seperti apa gagasan-gagasan yang ditampilkan para Paslon dalam debat tersebut.

“Masing-masing Paslon sudah menampilkan kemampuan mereka, dan saya kira debat hari ini (Selasa, red), sydah dapat mengisi ruang-ruang yang dimaksud tadi,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kolut, Musakkir Sarira S Sos, menilai, secara keseluruhan debat terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolut tersebut, sudah sangat baik dalam menjalankan kehendak atuaran sebagai salah satu tahapan yang harus dijalankan dalam proses penyelenggaraan Pilkada.

“Debat Kandidat ini adalah kehendak aturan, ada tahapan debat kandidat, semua pertanyaan dan jawaban dari masing-masing Paslon sudah sangat bagus, tinggal bagaimana kedepan jika salah satu Paslon terpilih di rahmati Allah SWT untuk memimpin Kolut, apakah bisa mengimplementasikan visi misi yang telah disampaikan dalam debat ini, maupun yang disampaikan saat sosialisasi dan kampanye,” papar Musakkir. (r2/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top