KPU Buton Temukan 450 Surat Suara Rusak – FAJAR Sultra
News

KPU Buton Temukan 450 Surat Suara Rusak

PASARWAJO, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton menemukan 450 lembar surat suara rusak, dari total keseluruhan 73.411 lembar surat suara yang ada. Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Buton Divisi Program dan Data, Burhan, Rabu (8/2).

Surat suara itu ditemukan saat melakukan penyortiran oleh anggota dan staf KPUD Buton. Beberapa diantaranya robek, kotor terkena tinta bahkan sampai basah. Temuan itu kata dia, sudah dilaporkan ke pihak percetakan agar segera diganti.

Sehingga lanjut Burhan, pada pendistribusian ke setiap TPS nantikan akan rampung sesuai jumlah yang telah di tentukan masing-masing TPS. Dikatakan Burhan, untuk surat suara yang rusak, pihaknya akan melakukan pemusnahan dengan cara dibakar, dengan disaksikan oleh pihak Panwas dan pihak Kepolisian.

KPU Buton juga telah menyiapkan 2,5 persen surat suara cadangan untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. Kata dia lagi, tidak boleh menyimpan cadangan surat suara saat hari pelaksanaan pilkada selain tambahan tersebut. Hal itu untuk menghindari adanya tindakan yang tidak diinginkan.

“Makanya kita akan memusnakan sisa surat suara jika terdapat surat suara lebih nantinya,” tutupnya.

Lanjut Burhan, setelah pihak percetakan selesai mencetak surat suara yang rusak, dan telah didistribukan ke KPUD Buton, maka pihaknya akan menyortir dan melipat ulang surat suara yang telah diganti tersebut, dan siap untuk didistribusikan kesetiap Kelurahan dan desa pada tanggal 13 Februari 2017 mendatang. (cr7/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top