Tiga Kecamatan Belum Teraliri Listrik – FAJAR Sultra
News

Tiga Kecamatan Belum Teraliri Listrik

WANGGUDU – Memasuki usia 73 tahun Indonesia merdeka, nampaknya belum semua daerah merasakan kemerdekaan itu. Khususnya di Kabupaten Konawe Utara, dua kecamatan belum bisa sama sekali teraliri listrik.

Tiga kecamatan yakni kecamatan Langgikima, Landawe dan Wiwirano masih harus mengandalkan mesin ganset dan mesin listrik tenaga surya yang menyalanya mempunyai waktu. Itupun warga yang mendapatkan bantuan itu dan bisa membeli.

Sementara warga yang lain, tergantung pada listrik desa (lisdes) dari tenaga diesel. Lisdes ini hanya dapat mengaliri rumah warga pada malam hari saja. Itupun tak sampai pagi. Kondisi ini telah disampaikan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Melalui legislator asal daerah pemilihan (Dapil) di tiga kecamatan itu, kecamatan ini diusulkan untuk mendapatkan aliran PLN. Hanya saja usulan itu belum direspon.

“Kita sudah sampaikan kepada PLN dan Kementerian ESDM Tapi kita hanya bisa bersabar. Tahun ini, nampaknya tiga kecamatan ini belum bisa dialiri listrik 24 jam,” ucap Wakil Ketua DPRD Konut, I Made Tarubuana.

Nasib tiga kecamatan ini, berbeda dengan kecamatan Oheo. Warga kecamatan setelah Asera ini patut bersyukur. Pada tahun ini, kecamatan ini bakal teraliri listrik negara. PLN tahun 2017 ini melakukan penambahan jaringan sepanjang belasan kilometer. Bahan-bahan seperti tiang listrik dari beton telah dimobilisasi didaerah ini. Bentangan jaringan listrik ini mulai dari desa Lenomoiyo sampai desa Paka.

“Tahun ini kita dapat tambahan jaringan hanya sampai di desa Paka saja. Sementara untuk Landawe, Langgikima dan Wiwirano katanya belum bisa karena jaraknya masih 11 KM dari Paka. Mungkin kalau dipaksakan berakibat daya listrik yang kurang,” kata Legislator PDI-Perjuangan ini.

Kepala PLN Asera, Jonnatan Mose mengatakan, saat PLN telah melakukan pamancangan tiang listrik. Hanya saja tiang tersebut belum cukup. PLN masih membutuhkan beberapa tiang lagi.

“Kita masih menunggu tambahan tiang lagi. Kita akan tuntas pada tahun in sehingga warga sudah dapat menggunakan listrik negara,” katanya. (hdi/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top