Angin Kencang di Wakatobi, Sejumlah Rumah Rusak – Fajar Sultra
News

Angin Kencang di Wakatobi, Sejumlah Rumah Rusak

Salah satu rumah warga di Desa Sombu Kecamatan Wangi-Wangi rusak parah akibat angin kencang, Kamis (9/2). Foto: Asti/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID,WANGIWANGI–-Cuaca memang sedang kurang bersahabat. Setelah beberapa kecamatan di Konawe Selatan (Konsel) dilanda puting beliung, Kamis (9/2), giliran Wakatobi juga dilanda angin kencang. Meski tidak separah di Konsel, namun beberapa rumah warga juga rusak parah.

Data sementara, enam rumah warga di Desa Sombu Kecamatan Wangi-Wangi mengalami kerusakan akibat hantaman angin puting beliung. Malah, satu diantaranya rusak berat dan lima lainnya rusak ringan.

Salah seorang Warga Desa Sombu, Madi menjelaskan musibah ini terjadi sekira pukul 11.00 Wita, Kamis(8/2). Angin puting beliung seketika menghantam rumah warga sebelum turun hujan diiringi petir. “Ditambah lagi terjadi pemadaman lampu sehingga sempat membuat kami ketakutan,” katanya, Kamis (9/2).

Madi melanjutkan saat kejadian tidak ada satupun warga yang berani keluar rumah. Hal ini disebabkan angin di luar rumah sangat kencang. Bahkan, atap seng dan asbes mampu diterbangkan.

“Kami sekeluarga kaget. Bahkan tanpa disadari atap dapur beserta rangkanya sudah tidak ada lagi. Setelah angin berhenti, saya keluar rumah dan melihat ternyata atap rumah sudah jatuh di tanah,” jelasnya.

Madi dan seluruh masyarakat Sombu berharap agar Pemerintah Daerah dapat memberikan perhatian penuh atas musibah ini. Apalagi kata dia dalam waktu dekat ini Desa Sombu masuk sebagai peserta lomba Desa tingkat provinsi yang akan dilaksanakan 17 Februari mendatang.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wakatobi, Muhammad Sabir, menjelaskan saat ini pihaknya masih menghitung kerugian. “Setelah itu akan di ajukan ke tim verifikasi kabupaten untuk ditetapkan berapa anggaran yang akan dikucurkan. Itu untuk membantu warga yang rumahnya mengalami musibah tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, tim BPBD Kabupaten Wakatobi sudah ke lokasi kejadian untuk melihat dan menindak lanjuti hal ini. Nantinya akan dilaporkan kepada atasan sembari menunggu perintah untuk melakukan identifikasi kerugian dan kerusakan rumah korban. “Tapi belum tentu semua akan dibayarkan. Karena disesuaikan dengan anggaran yang ada, mengingat akhir-akhir ini banyak terjadi bencana,” pungkasnya. (thy)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top