TPP Belum Cair, PNS Pemda Kolaka Mengeluh – Fajar Sultra
News

TPP Belum Cair, PNS Pemda Kolaka Mengeluh

KENDARIPOS.CO.ID KOLAKA- Janji Pemda Kolaka memperbaiki pendapatan PNS melalui Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sepertinya belum sepenuhnya terealisasi. Pasalnya, hingga Kamis (9/2), TPP Desember 2016 belum juga diterima seluruh PNS lingkup Pemda Kolaka. Akibatnya banyak abdi negara yang mengeluh.

Seorang PNS Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa yang enggan namanya dikorankan mengesalkan sikap Pemda Kolaka yang tak kunjung membayarkan TPP. Apalagi menurutnya telah dianggarkan. Ia khawatir, dana TPP dialihkan penggunaannya.

“Tahun 2015, TPP yang dibayarkan hanya sembilan bulan saja. Begitu juga 2016, hanya 11 bulan saja. Padahal TPP itu sudah dianggarkan. Mestinya, dalam setahun dibayarkan 12 bulan seperti kabupaten lain. Tapi disini tidak pernah penuh kami terima,” kesalnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kolaka, Nur Syamsu membenarkan jika TPP di tahun 2015 lalu hanya dibayarkan sembilan bulan. Namun, ia tidak memberikan penjelasan mengenai tidak diberikannya hak PNS itu. Dia beralasan, kala itu dirinya belum menjabat sebagai kepala BPKAD. Sehingga dirinya tidak mengetahui secara persis.

Mengenai belum dibayarkannya TPP Desember 2016, Nur Syamsu mengaku karena instansi belum menyetor permintaan kepada pihaknya. Ditambah lagi belum ada anggaran untuk pembayaran TPP. “Kami belum berikan karena SKPD itu belum menyetor permintaan. Tidak mungkin kita mau bayarkan kalau tidak ada permintaannya. Selain itu, tidak ada uang juga,” argumennya.

Meskipun sudah memasuki tahun 2017, Nur Syamsu berjanji akan tetap membayarkan TPP PNS Desember 2016. “Kami akan tetap membayarkannya kalau SKPD sudah memasukkan permintaan dan uang tersedia. Tidak apa-apa kalau menyeberang tahun, yang penting dianggarkan. Karena dalam undang-undang itu, tidak boleh mengadakan suatu kegiatan kalau tidak tersedia anggarannya dalam RKA,” imbuhnya. (c/fad)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top