Kampanye Akbar Tak  Jamin Kemenangan – FAJAR Sultra
News

Kampanye Akbar Tak  Jamin Kemenangan

KENDARI – Kampanye akbar tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari kini sudah berakhir. Namun jumlah massa yang hadir dalam kegiatan tersebut terus menjadi perbincangan. Pengamat Politik Dr Najib Husain mengatakan banyaknya massa yang hadir saat kampanye akbar bukan menjadi indikator kandidat tersebut akan mendulang banyak suara saat pencoblosan nanti.

Dr Najib Husain

Soalnya kehadiran massa dalam kampanye akbar bisa saja karena mereka dibayar atau hanya ingin melihat artis dan diajak oleh teman-temannya.

“Sehingga kita tidak bisa jadikan tolok ukur ramai tidaknya sebuah kampanye menjadi sebuah gambaran bagaimana (kemenangan) paslon nantinya,” jelasnya.

Selama ini katanya sudah banyak kejadian dimana kandidat yang jumlah massanya saat kampanye begitu banyak justru tidak memenangkan pilkada. Oleh karena itu banyaknya massa yang hadir dalam kampanye akbar sangat sulit dijadikan indikator bahwa itu akan memberikan pengaruh terhadap kemenangan kandidat.

“Itu terjadi karena kampanye yang terjadi lebih banyak pada kampanye rekayasa, bukan kampanye yang sesungguhnya. Kampanye rekayasa yang dimaksud bisa saja massa yang hadir bukan karena keinginan diri sendiri tetapi karena dibayar, atau cuma ingin melihat artis dan hanya ikut teman,” jelasnya.

Selain jumlah massa, Najib juga membeberkan soal pengaruh tokoh-tokoh yang berada di belakang kandidat wali kota dan wakil wali kota. Menurutnya tokoh yang berada di belakang kandidat sangat memberikan pengaruh bagi pemilih tradisional di Kota Kendari untuk memilih calon dalam pesta demokrasi. Selama ini, tiga kandidat yang berlaga dalam pemilihan wali kota punya tokoh masing-masing. Di pasangan Abdul Rasak-Haris Andi Surahman misalnya ada Nur Alam yang juga Gubernur Sultra, pasangan Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain ada Wali Kota Kendari Asrun dan pasangan Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud ada almarhum Laode Kaimoeddin.

Menurutnya keberadaan tokoh tersebut turut memberi pengaruh bagi pemilih tradisional untuk menentukan pilihannya ke depan. (*/a)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top