SD Negeri 01 Besu kecamatan Morosi yang tergenang lumpur. – Fajar Sultra
News

SD Negeri 01 Besu kecamatan Morosi yang tergenang lumpur.

UNAAHA – Gedung SD Negeri 01 Besu kecamatan Morosi memprihatinkan. Tiga ruang kegiatan belajar (RKB) ditambah satu ruang perpustakaan tidak dapat difungsikan dikarenakan lantai ruangan tergenang oleh lumpur dan krikil.

SD Negeri 01 Besu kecamatan Morosi yang tergenang lumpur.

Lumpur dan krikil ini imbas dari pengembangan jalan trans Sulawesi dari arah Pohara-Konawe Utara. Posisi sekolah yang berada di bawah jalan menyebabkan material pengeras jalan langsung membanjiri gedung sekolah itu. Kejadian itu telah berlangsung sejak sebulan.

Dalam waktu itu, para murid SDN 01 Besu terpaksa menggunakan RKB yang tidak terbanjiri. Sementara RKB yang tertutup material kerikil masih dibiarkan saja. Sekolah sudah tidak berdaya, karena setelah membersihkan selalu tertutup kembali jika hujan.

“Kondisinya sudah sekitar sebulan tertimbun. Kalau tidak salah bulan satu kemarin (Januari, red) saat hujan kemudian longsor dan krikilnya turun disini,” ucap, Nur Ida, salah satu guru yang ditemui di rumahnya, Minggu (12/2).

Nur Aida mengatakan, untuk kegiatan belajar mengajar, tiga kelas terpaksa bergabung dengan kelas yang lainnya. Kelas ini dipisah dalam satu ruangan kelas. Sementara untuk kelas satu dan dua digilir pagi dan siang.

“Sudah sejak tertimbunnya kelas kita gabung. Tapi sekarang saya pindahkan karena proses pembelajaran tidak nyaman lagi untuk digabung. Ruangan yang diujung kita bersihkan, tapi kalau hujan kita pindah lagi,” terang guru kelas 4 ini.

Sebelum tergenang lumpur, satu gedung, yakni perpustakaan sekolah hancur total setelah ditabrak oleh mobil pemuat bahan bakar. Tak lama kemudian juga sebuah mobil pengangkut semen jatuh ke sekolah itu. Beruntungnya dua kejadian ini tak menimbulkan korban jiwa.

“Kita bersyukur waktu mobil menabrak perpustakaan pada malam hari. Sementara kejadian kedua terjadi siang tapi terjadi hari minggu,” ucap Pak Ili, warga yang bersebelahan dengan sekolah. (hdi/ian)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top