Tiga Mahasiswa UHO Kuliah di Inggris – Fajar Sultra
News

Tiga Mahasiswa UHO Kuliah di Inggris

KENDARI – Tiga mahasiswa Jurusan akuntansi Universitas Halu Oleo (UHO) baru saja menerima beasiswa Chartered Accountant (CA) dari Ikatan Akuntasi Inggris.

Prof Hasbudin CA selaku Dosen sekaligus Anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengatakan bahwa, program beasiswa Chartered Accountant (CA) merupakan program profesi yang baru buka, dalam rangka standarisasi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Prof Hasbudin CA

Kata dia, untuk mendapatkan pengakuan kompetensi, profesionalisme dan integritas, mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Halu Oleo (UHO) dituntut untuk mengikuti tes Chartered Accountant (CA).

“Ikatan Akuntan Indonesia telah menetapkan sebutan Chartered Accountant (CA), sebagai kualifikasi akuntan profesional Indonesia yang sesuai panduan standar Internasional,” ujar Prof Hasbudin CA.

Lanjutnya, Indonesia harus patuh dengan standar internasional yang telah berlaku selama ini. “Apa yang digunakan diluar, kita juga harus menggunakannya,” ucapnya, Jumat (10/2).

Mahasiswa yang mendapat beasiswa akan dibiayai Ikatan Akuntan Inggris. Mereka kuliah di Inggris hanya satu semester dengan tujuh mata kuliah yang harus diselesaikan.

“Sebelum mendapatkan sertifikat CA, mahasiswa harus menyelesaikan tujuh mata kuliah seperti pelaporan korporat, management stratejik dan kepemimpinan, tata kelola korporat dan etika, akutansi manajemen lanjutan, manajemen perpajakan, manajemen kuangan lanjutan dan terakhir sistem informasi dan pengendalian intern,” ungkapnya.

Dirinya berharap, beasiswa yang diberikan kepada 3 mahasiswa akutansi, bisa memotivasi mahasiswa lain untuk bisa berpartisipasi, sehingga mahasiswa yang memiliki gelar CA semakin banyak dan memiliki kompetensi pengakuan.

“Bila mendapatkan gelar CA, dimana saja mereka bisa bekerja baik itu di Indonesia maupun luar negeri karena sudah mendapatkan pengakuan,” pungkasnya. (p11/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top