Dikmudora Persiapkan Siswa SD Hadapi UAS – FAJAR Sultra
News

Dikmudora Persiapkan Siswa SD Hadapi UAS

KENDARI – Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat Sekolah Dasar (SD) sejatinya akan dimulai Mei nanti, namun untuk mempersiapkan semuanya Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari (Dikmudora) mengadakan ujian serentak disemua SD yang berada di lingkup Kota Kendari, Senin (13/2).

Pelaksanaan try out UAS oleh siswa SD 13 Baruga, Senin (13/2).

Kepala sekolah SD N 13 Baruga Erniwaty SPd MPd mengatakan bahwa, mata pelajaran yang di ujian Tryout kan dihari pertama adalah Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang di ikuti sebanyak 99 orang siswa.

“Tujuannya pelaksanaan Tryout Ujian Akhir Sekolah (UAS) ini, tidak lain untuk melihat sejauh mana peserta didik dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah Mei nanti,” terangnya.

Katanya, soal Tryout yang diberikan kepada peserta didik, disusun oleh Dikmudora Kota Kendari dan mengacu pada kisi-kisi yang sudah di ujiankan pada tahun ajaran 2015/2016.

“Allhamdulillah pelaksanaan Tryout Ujian Akhir Sekolah (UAS) hari pertama dihadiri semua peserta didik dan prosesnya berjalan dengan baik,” terangnya.

Dirinya menargetkan, peserta didiknya mendapatkan hasil yang terbaik dari yang terbaik. “Artinya, pada pelaksaan ujian tahun kemarin, kami menempati peringkat ke 11 dari perolehan nilai ujian yang diikuti sekira 134 Sekolah Dasar,” ungkapnya.

Disamping itu, pihaknya telah mengadakan persiapan dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah yang sebenarnya, yaitu dengan mengadakan pengayaan (waktu belajar tambahan), yang telah dimulai sejak Desember lalu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD 12 Baruga Lisnawati, juga mengatakan hal yang sama tentang pelaksanaan ujian Tryout ini, bahwa Tryout bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman peserta didik dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.

“Selain untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa, tentunya pelaksanaan Ujian Try out ini untuk mengevaluasi kinerja guru dalam memberikan pemahaman meteri-materi pembelajaran kepada peserta didik,” tambahnya.

Lanjutnya, hasil dari Tryout akan kami evaluasi, soal-soal ujian apa saja yang sulit dikerjakan, sehingga kami akan membahasnya di pelajaran tambahan (pengayaan).

Dirinya juga berharap, peserta didik untuk lebih mempersiapkan diri dengan terus belajar, serta mencoba melatih diri megerjakan materi apa saja yang di anggap sulit bagi mereka. (p11/b/put)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top