Herti Ajak Masyarakat Tanam Cabai dan Jagung – FAJAR Sultra
News

Herti Ajak Masyarakat Tanam Cabai dan Jagung

KOLAKA, BKK – ‎Ketua Tim Penggerak PKK Hj Herti Safei, mengajak masyarakat untuk menanam tanaman jangka pendek yang menghasilkan, seperti cabai dan jagung.

“Saat ini kita harus melakukan gerakan menanam tanaman jangka pendek, tapi menghasilkan seperti cabai‎ atau jagung,” harap Herti saat bertemu dengan ratusan petani kelompok Supriadi yang membersihkan lahannya di eks kawasan di Desa Pitudua, Minggu (12/2).

Menurut istri Bupati Kolaka, Ahmad Safei ini, kehadirannya menemui masyarakat yang memiliki lahan di Pitudua karena merupakan keluarga Wundulako. Karena itu, patut bagi dirinya memberikan motivasi dan semangat bagi keluarga besarnya untuk melakukan gerakan menanam, demi menghidupi keluarganya.

“Kita semua punya anak yang sekolah. Karena itu, untuk menutupi biaya sekolahnya. Apalagi kalau sudah ada yang kuliah adalah memanfaatkan lahan dengan tanaman yang menghasilkan uang,” katanya.

Menurut Herti, saat ini yang paling tepat tanaman jangka pendek yang menghasilkan adalah cabai, sebab selain harganya mahal dan bisa berbuah beberapa kali juga memiliki pasaran termasuk Indofood. Tapi tanaman cabai yang direkomendasikan adalah dewata 43, sebab jenis ini sangat bagus dan bisa bertahan sampai dua minggu.

“Jika tanaman cabai sudah banyak, rencana akan dibangun pabrik cabai di Kolaka,” katanya.

Selain cabai‎ yang direkomendasikan, juga tanaman jagung, sebab tanaman ini punya pasaran di Surabaya, sehingga masyarakat tidak perlu takut untuk menanam jagung.

Sementara Supriadi yang merupakan ketua kelompok ‎masyarakat mengungkapkan, saat ini luas areal masyarakat yang diberikan Bupati Kolaka yang bisa diolah untuk tanaman cabai dan jagung adalah 63 hektare. Dirinya bersyukur kehadiran istri bupati memberikan dorongan dan motivasi pada masyarakat untuk menanam cabai.

“Masyarakat bersyukur atas kehadiran ibu bupati memberikan motivasi pada masyarakat. Semua mendukung untuk menanam cabai,” kata Supriadi. (r3)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top